6 Tips Hemat BBM Dikala Harganya Melambung

6 Tips Hemat BBM Dikala Harganya Melambung

Kenaikan Harga BBM

Baru-baru ini harga BBM (bahan bakar minyak) untuk jenis premium dan solar kembali naik. Dengan naiknya harga BBM, berimbas pada kenaikan harga barang-barang  lainnya juga. Hal ini tentunya akan membuat kita yang memiliki gaji pas-pasan harus memutar otak agar gaji yang kita peroleh cukup untuk biaya hidup selama 1 bulan. Jangan sampai besar pasak daripada tiang.
Bagi yang memiliki kendaraan pribadi, kenaikan BBM ini bisa membuat anggaran belanja menjadi meningkat dikarenakan harga bensin yang naik. Jika tidak melakukan penghematan, bisa-bisa pengeluaran untuk biaya lainnya jadi ikut terpangkas. Lalu, bagaimana solusinya?

Tips Menghemat BBM

1.    Mengecek tekanan angin ban
Tekanan angina ban yang kurang akan membuat mesin membutuhkan tenaga yang lebih besar dalam menggerakkan mobil. Hal ini membuat bahan bakar lebih cepat habis. Selalu periksa tekanan angin pada ban mobil anda. Jika dirasa sudah mulai berkurang, maka segera isi angin kembali.

2.    Mengurangi beban yang tidak diperlukan
Mobil yang membawa beban berat akan membutuhkan konsumsi bahan bakar yang lebih banyak, sehingga membuatnya boros. Jika merasa di dalam bagasi mobil ada barang yang tidak diperlukan, sebaiknya dikeluarkan saja. Dengan beban yang ringan, mobil akan melaju lebih ringan dan tidak boros bahan bakar.

3.    Menjadi pengemudi yang cerdas
Mengemudikan mobil dengan kencang alias mengebut adalah termasuk tindakan yang kurang bijak dalam menggunakan bahan bakar. Penggunaan bahan bakar akan meningkat ketika mobil dikemudikan dengan kecepatan tinggi dan sering mengerem secara mendadak. Jadilah pengemudi yang cerdas dengan menggunakan kecepatan yang stabil. Selain itu, hindari untuk menyalip secara agresif, karena bisa mengubah akselerasi mobil yang mengakibatkan konsumsi bahan bakar menjadi semakin banyak.

4.    Mematikan mesin saat lampu merah
Matikan mesin mobil anda sejenak ketika sedang menunggu lampu merah. Karena saat mobil berhenti, sedangkan mesin menyala, AC dan radio juga tetap menyala, sehingga konsumsi bahan bakar tetap berjalan. Dengan mematikan mesin sejenak, ini bisa menghemat konsumsi bahan bakar. Namun sebaliknya, dalam keadaan macet ringan, jangan terlalu sering mematikan mesin karena justru akan membuat konsumsi bahan bakar semakin boros.

5.    Menutup kaca jendela mobil
Dalam kecepatan tinggi, sebaiknya semua kaca mobil ditutup. Karena jika kaca jendela terbuka, akan mengakibatkan mobil butuh dorongan yang lebih besar, sehingga konsumsi bahan bakar juga semakin banyak. Sebaliknya, saat berkendara dengan kecepatan rendah, sebaiknya AC dimatikan dan membuka kaca jendela untuk memperoleh udara segar. Hal ini juga dilakukan untuk menghemat konsumsi bahan bakar.

6.    Membuat rencana perjalanan
Melakukan perjalanan dengan sebuah perencanaan akan membuat kita lebih menghemat anggaran. Karena dengan perencanaan yang matang, kita tidak harus mengeluarkan biaya untuk keperluan yang tidak penting. Misal, merencanakan liburan keluarga, siapkan bekal selama perjalanan agar tidak perlu lagi membeli makanan di restoran, membawa obat-obatan sebagai pertolongan pertama saat kondisi badan tiba-tiba kurang sehat, dan lain-lain.

Bagaimana sobat artikelnine.blogspot.com beberapa tips di atas? Semoga bisa membantu sobat semuanya untuk menemukan solusi dalam menghemat anggaran belanja bulanan, khususnya dalam menghemat BBM.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Tips Hemat BBM Dikala Harganya Melambung"

Posting Komentar