Apes, Korupsi Terungkap Gara-Gara Pesan di BBM




Tak disangka diera modern ini seperti ponsel, smartphone dan sebagainya, aplikasi yang canggih serta fitur-fitur yang lengkap membuat membuat kita mudah mengakses berbagai macam hal dan informasi yang update dan cepat.

Tak mau kalah beberapa korutor diBrazil menggunakan aplikasi BBM sebagai media yang dapat membantunya berhubungan dengan klien-kliennya sebagai pesan instan yang mudah.

Ribuan pesan instan yang dikirim oleh para terdakwa kasus korupsi melalui BlackBerry Messenger itu membantu pihak penyelidik untuk mengungkap para pelaku pencucian uang dan klien-kliennya, termasuk penegak hukum di Brasil.

"Ini (BlackBerry Messenger) adalah kunci penting dalam mengungkap kasus," ujar jaksa penuntut federal, Deltan Dallagnol, seperti dikutip KompasTekno dari The Wall Street Journal, Senin (6/4/2015).

Melalui pesan BBM itu, pihak berwenang berhasil menangkap 100 orang yang diduga terlibat kasus korupsi di dalam tubuh Petrobras, yang 50 pelaku di antaranya adalah politisi Brasil.

Kasus tersebut telah mengguncang kondisi politik Brasil
BlackBerry bekerja sama dengan pihak penyelidik untuk memberikan akses terhadap servernya dan menarik data percakapan BBM yang dicari.

Pihak BlackBerry tidak berkomentar banyak. BlackBerry hanya mengatakan ada perbedaan antara privasi dan memberikan akses untuk tujuan penegakan hukum.

Pelaku koruptor mungkin akan berpikir lagi jika selama ini mereka mengira pesan BBM itu aman, tampaknya kebijakan perlindungan privasi BlackBerry itu tidak berlaku jika tujuannya adalah penegakan hukum.

Pihak BlackBerry tidak berkomentar banyak. BlackBerry hanya mengatakan ada perbedaan antara privasi dan memberikan akses untuk tujuan penegakan hukum yang berlaku dinegara tersebut.

Pelaku koruptor mungkin akan berpikir lagi jika selama ini mereka mengira pesan BBM itu aman,etttss.. jangan salah tampaknya kebijakan perlindungan privasi BlackBerry itu tidak berlaku jika tujuannya adalah penegakan hukum.

Jadi jangan pernah berbuat curang dan jangan pernah meremehkan hukum yang berlaku, jika anda tidak ingin berurusan dengan pihak yang berwajib.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apes, Korupsi Terungkap Gara-Gara Pesan di BBM"

Posting Komentar