Motivasi : Modal Seribu Bisa Jadi Jutawan

Di jaman yang serba mahal ini, uang seribu rupiah serasa tiada artinya. Untuk parkir saja kurang, apalagi untuk membeli yang lain. Mungkin hanya digunakan untuk jajan anak membeli krupuk atau permen.
Modal Seribu Bisa Jadi Jutawan
Namun, berbeda dengan seorang kakek asal Desa Mekar Jaya Kecamatan Kiara Pedes Kabupaten Purwakarta ini. Dengan hanya bermodalkan uang seribu rupiah, kini ia bisa menjadi seorang jutawan. Bagaimana bisa begitu? Yuk, simak kisahnya.

Awalnya Kakek Anom mendapat uang Rp. 50 ribu dari seseorang yang dulu masih menjabat sebagai wakil bupati dan saat ini menjadi seorang bupati. Ia mendapatkan uang itu karena berhasil menjawab tebak-tebakan.

Dari uang lima puluh ribu itu, yang seribu ia gunakan untuk membeli benih lada. Benih lada itu kemudian ia tanam di lahan milik perhutani. Awalnya hanya iseng saja, namun ternyata sekarang lada yang ia tanam bisa dijual dan harga jualnya mahal.

Sejak tahun 2004 kakek berusia 70 tahun ini menanami lahan seluas satu hectare mililiknya dengan tanaman lada (pedes) atau bahan dasar merica. Selama itu pula setiap tahun ia selalu memanen lada.
Modal Seribu Bisa Jadi Jutawan
Dalam dua tahun terakhir ini ia merasakan untung yang sangat besar dari hasil penjualan lada. Ia pernah memanen 90 kg lada saat harganya Rp. 80 ribu/kg. kemudian panen 100 kg lada yang dijual seharga Rp. 90 ribu/kg.

Meskipun sudah 11 tahun lamanya sang kakek menanam lada, namun baru 2 tahun terakhir ia bisa merasakan keuntungan yang cukup besar. Sejak 2004, ia selalu menggratiskan lada hasil panennya kepada sejumlah tetangga atau menjualnya dengan harga murah.

Tahun ini ladanya sudah hampir siap untuk di panen di bulan Juli mendatang dan siap dijual ke pasaran dengan harga yang cukup tinggi, yakni Rp. 150 ribu/kg. dan saat ini sudah ada yang menawar lada kakek Anom seharga Rp. 120 ribu/kg, namun ia tahan dulu dan tidak buru-buru menjualnya.

Tanaman rempah yang satu ini memang banyak digunakan oleh masyarakat sebagai bumbu dapur untuk berbagai jenis masakan, mulai dari masakan sederhana hingga masarakan yang rumit. Oleh karena itu, permintaan pasar untuk lada ini cukup besar dan harganya juga cukup tinggi.

Ternyata untuk memulai suatu usaha tidak butuh modal yang besar ya sobat artikelnine.blogspot.com. Buktinya kakek Anom bisa menjadi seorang jutawan hanya dengan bermodalkan uang seribu rupiah. Ini bisa menjadi motivasi kita sebagai generasi muda untuk selalu kreatif dan inovatif dalam memulai usaha yang tidak hanya bermodalkan uang semata.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Motivasi : Modal Seribu Bisa Jadi Jutawan"

Posting Komentar