Teh Talua, Minuman Nikmat Ala Bangsawan

Teh merupakan salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia selain kopi. Ada banyak cara dan variasi di dalam menikmati teh. Salah satu jenis teh yang terkenal di Indonesia, khususnya wilayah provinsi Sumatra Barat adalah teh talua.
Teh Talua, Minuman Nikmat Ala Bangsawan
Menurut bahasa tradisional Sumatra Barat, Talua artinya telur. Sesuai dengan namanya, teh talua ini dibuat dengan dicampur kuning telur ayam kampung atau bebek, lalu ditambahkan susu dan gula.

Konon katanya berdasarkan cerita rakyat di Sumatra Barat, teh talua ini dikenal dengan teh yang disajikan special untuk para bangsawan. Jadi, tidak sembarang orang yang bisa menikmatinya. Namun, seiring perkembangan jaman, semua orang dari semua kalangan bisa merasakan nikmatnya teh talua ini. Bahkan, teh talua ini bisa dibuat sendiri di rumah atau membelinya di kedai-kedai terdekat.

Teh talua ini memiliki lapisan-lapisan yang membuat tampilannya menarik seperti sajian ala café. Lapisan yang paling bawah berwarna kecoklatan, lapisan tengah berwarna putih, sedangkan bagian paling atas dilapisi busa.
Teh Talua, Minuman Nikmat Ala Bangsawan
Cara pembuatan teh talua ini juga terbilang cukup mudah dan praktis. Pertama, aduk kuning telur hingga berbusa. Kemudian tambah dengan seduhan air the dan susu kental manis. Bisa juga ditambahkan dengan sedikit perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dari kuning telur.

Minuman teh talua ini tak hanya nikmat, namun memiliki fakta yang diyakini bisa menambah stamina tubuh. Minuman ini mampu memperbaiki stamina tubuh yang menurun dan mampu mengembalikan tenaga lebih untuk beraktifitas.

Pada jaman dulu, teh ini hanya disukai oleh kaum lelaki tua Minang, namun sekarang kaum lelaki muda juga mulai menikmatinya. Bahkan, sudah banyak kedai-kedai yang bermunculan dan di desain mengikuti perkembangan jaman dan selera anak muda.

Seperti kopi dan STMJ, teh talua ini paling asyik jika dinikmati bersama teman sambil nongkrong dan ngobrol-ngobrol. Untuk hidangan tambahannya, pisang goreng adalah sajian yang tepat dijadikan untuk pelengkap.

Jika sobat artikelnine.blogspot.com ingin menikmati teh talua dengan nuansa minang ini, silahkan berkunjung dan mencicipi nikmatnya teh talua di daerah asalnya, yaitu Sumatra Barat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teh Talua, Minuman Nikmat Ala Bangsawan"

Posting Komentar