Terungkap: Ilmuwan Berikut Berhasil Ciptakan Telinga Buatan Untuk Manusia, Cara Membuatnya Akan Bikin Kamu kaget

Dikarenakan sebuah peperangan atau kecelakaan, seseorang dapat kehilangan daun kupingnya. Kasihankan kepada mereka yang tidak mempunyai telingan sebelah.


Ilmuan berikut berhasil membantu orang yang tidak mempunyai telingan dengan cara membuat telingan buatan. Gimana sih pembuatannya?


Baru-baru ini beberapa ilmuwan dari Jepang yang tergabung dalam Universitas Teknologi Tokyo dan Kyoto membuat invoasi baru dalam teknologi medis, yaitu mereka berhasil membuat kuping buatan secara biologis yang ditanam dalam punggung tikus.


Secara spesifik pembuatan kuping biologis ini sebenarnya diambil dari tulang rawan atau rusuk pasien sendiri yang kemudian dikembang biakkan pada inang agar menjaganya tetap berkembang.

Kok bisa berbentuk kuping?

Dari sisi teknis sel tulang yang diambil dari tulang rawan atau rusuk tadi ditempatkan pada sebuah cetakan plastik yang sudah berbentuk kuping, dari sini bisa dilihat perkembangan sel tulang tadi bakal menyesuaikan tempat dimana dia dikembangbiakkan.


Rencananya kuping-kuping buatan ini bakal menjadi alternatif bagi para korban kecelakaan atau korban perang yang mengalami luka atau cacat pada kupingnya.

Dan katanya, lima tahun mendatang transplantasi kuping sudah bisa dilakukan di berbagai rumah sakit di seluruh dunia!

Nah, sudah tau kan gimana pembuatannya telinga buatan tersebut. Meski proses pembuatannya cukup mengejutkan dan mencengangkan, tapi semoga cara tersebut dapat membantu orang-orang yang kehilangan telinganya karena suatu hal. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan ilmu kamu tentang dunia kesehatan. Jangan lupa share ya.
sumber: keepo

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Terungkap: Ilmuwan Berikut Berhasil Ciptakan Telinga Buatan Untuk Manusia, Cara Membuatnya Akan Bikin Kamu kaget"

Posting Komentar