Waspadalah! Inilah 4 Jenis Nyamuk Yang Berbahaya Untuk Kesehatan Kita

Nyamuk adalah serangga yang tergolong dalam orde diptera : genera termasuk anopheles, culex, psorophora, ochlerotatus, aedes, sabethes, wyeomyia, culiseta dan haemagoggus. Untuk jumlah keseluruhan ada sekitar 35 genera yang merangkum 2700 spesies. Nyamuk memiliki 2 sayap bersisik, tubuh yang langsing dan 6 kaki yang panjang. Antar spesies kebanyakan memiliki panjang tubuh berbeda-beda, tapi sangat jarang sekali melebihi 15 mm.



Dalam Bahasa Inggris, nyamuk dikenal dengan nama "mosquito", berasal dari sebuah kata dari Bahasa Spanyol atau Bahasa Portugis yang berarti lalat kecil. Penggunaan kata mosquito digunakan sejak tahun 1583. Di Britania Raya nyamuk dikenal sebagai Gnats.

Nyamuk memang serangga yang sangat mengganggu, karena selain menghisap darah dan menyebabkan rasa sakit, nyamuk juga seringkali meninggalkan rasa gatal di kulit. Tapi, jika hanya menyebabkan rasa gatal, itu masih tergolong wajar, karena ada beberapa nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya yang dapat mengancam jiwa manusia.

Berikut 4 jenis nyamuk yang berbahaya:

1. Anopheles.




Jenis nyamuk ini banyak macamnya dan hidup di beberapa tempat yang berbeda-beda. Anopheles biasa kita kenal dengan sebutan sebagai nyamuk yang menyebabkan malaria. Nyamuk ini membentuk kemiringan atau sudut-sudut tertentu dan biasanya memiliki kaki-kaki yang berwarna hitam putih. Seperti nyamuk anopheles sundaicus yang biasa hidup diatas air payau, anopheles maculatus dan balabacensis yang biasa hidup di lereng-lereng bukit atau gunung, anopheles aconitus yang biasa hidup di daerah persawahan. Gigitan nyamuk ini juga bisa menyebabkan kaki gajah.

2. Aedes Aegypti.




Ini adalah nyamuk yang bisa dikatakan paling sukses dalam "menyengsarakan" umat manusia terutama di indonesia. Akibatnya banyak sekali orang yang menderita Demam Berdarah Dengu (DBD). Nyamuk ini biasa menggigit diwaktu pagi dan siang hari antara jam 08.00 sampai jam 12.00, sore hari antara jam 15.00 sampai jam 17.00 WIB. Nyamuk ini senang hinggap di dinding-dinding rumah dan bangunan kosong yang tidak dijamah lagi dan juga di baju-baju yang digantung. Mereka bertelur di air bersih seperti vas bunga, tempayan, bak mandi, kaleng-kaleng kosong berair dan tempat berair lainnya. Telur yang sudah ada dua hari akan menetas membentuk jentik-jentik, setelah 8 hari akan berubah menjadi vampir yang menakutkan.

3. Aedes Albopictus.




Jenis nyamuk ini adalah periode kesuksesan kedua setelah Aedes Aegypti. Mereka hampir mirip, namun bedanya nyamuk ini senang sekali beterbangan dirumah, taman-taman serta perkebunan yang sejuk. Nyamuk yang juga penyebab Demam Berdarah Dengu (DBD) ini bertelur ditempat-tempat air bersih atau genangan air seperti kaleng dan bak mandi yang jarang atau tidak pernah dikuras airnya. Seperti sungai kecil yang banyak rumput-rumputnya.

4. Culex Fatiqans




Nyamuk ini biasa tinggal di selokan-selokan atau genangan air yang keruh. Jika berdiri, mereka memiliki tubuh yang mendatar. Gigitan nyamuk ini bisa menyebabkan kaki gajah karena mengandung cacing wuchereria bancrofti. Cacing ini terdapat di dalam darah orang yang menderita kaki gajah. Cacing ini bisa berpindah melalui gigitan nyamuk tersebut. Menurut penelitian, orang yang terkena gigitan dari nyamuk ini akan berisiko besar terkena penyakit kaki gajah.

Berhati-hatilah dengan nyamuk yang ada di sekeliling kita. Untuk menghindari gigitan nyamuk jangan biarkan kulit terbuka. Serta lakukan gerakan 3 M, yaitu Menguras bak mandi, Menutup tempat penampungan air, dan Mengubur barang bekas, agar rumah kita tidak menjadi sarang nyamuk. Kesehatan sangat mahal, untuk itu jagalah kesehatan kita dengan sebaik mungkin. Semoga info di atas dapat membuat kita lebih berhati-hati lagi dan dapat melakukan pencegahan terhadap serangan nyamuk yang berbahaya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspadalah! Inilah 4 Jenis Nyamuk Yang Berbahaya Untuk Kesehatan Kita"

Posting Komentar