Tak disangka, inilah 8 manfaat yang mampu diberikan sejumput garam bagi kesehatan kita

Selama ini banyak penelitian kesehatan yang menyarankan agar Anda menjauhi garam atau setidaknya mengonsumsi sedikit garam dalam masakan Anda. Sebab garam dipercaya mampu menyebabkan tekanan darah melonjak. Hal ini sebenarnya tak sepenuhnya salah, sebab garam akan menyebabkan retensi cairan di dalam tubuh sehingga membuat aliran darah tak sehat.

Namun tahukah Anda bahwa garam ternyata juga memiliki manfaat sehat? Garam atau yang juga dikenal sebagai natrium klorida ini sebenarnya memiliki fungsi untuk mengontrol berat badan serta memaksimalkan fungsi kelenjar tiroid. Garam juga akan mencegah defisiensi magnesium karena membantu untuk mempertahankan mineral dalam tubuh.

Selain manfaat tersebut, berikut adalah khasiat lainnya dari garam untuk kesehatan tubuh Anda seperti dilansir dari boldsky.

Menurunkan berat badan


Garam bermanfaat untuk menurunkan berat badan? Anda pasti tidak percaya akan hal ini. Namun beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi garam dalam jumlah yang wajar bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme. Hal ini berarti bahwa makanan yang ada dalam tubuh kita tidak akan disimpan menjadi lemak, namun menjadi sumber energi.

Selain itu, garam juga akan menurunkan kadar kortisol yang dipercaya bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Meningkatkan fungsi tiroid


Manusia memiliki kelenjar tiroid di dalam tubuhnya. Dan mengonsumsi garam akan bermanfaat untuk meningkatkan kerja hormon tiroid yang bermanfaat untuk mencegah sekresi hormon kortisol atau hormon stres.

Mencegah diabetes


Adanya garam di dalam tubuh ternyata bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah secara efektif. Terkadang resistensi insulin ini bisa membuat kita terkena diabetes. Oleh karena itu garam berfungsi untuk menyeimbangkannya.

Meningkatkan kesehatan pencernaan


Di dalam sistem pencernaan kita juga ada asam yang disebut dengan asam klorida. Asam klorida ini ternyata buruk untuk pencernaan kita sebab mampu membuat perut jadi kembung dan bergas. Namun dengan adanya garam yang kita konsumsi, maka kandungan asam ini akan dinetralisir.

Membuat tidur jadi nyenyak


Ingin tidur kita lebih nyenyak malam ini? Tak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan dengan rasa asin. Sebab garam akan meningkatkan sistem metabolisme dan mencegah sekresi hormon stres dalam tubuh. Sehingga pikiran dan tubuh kita jadi lebih rileks dan tidur pun akan lebih nyenyak.

Mengurangi kematian dini


Mengurangi makanan mengandung garam memang penting. Namun jangan terlalu ekstrim juga. Sebab penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi garam kurang dari 2.300 mg per hari memiliki angka kematian dini lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak.

Mencegah tubuh kedinginan


Makan garam bermanfaat untuk mencegah sekresi adrenalin dalam tubuh. Sekresi adrenalin ini berfungsi sebagai alat pertahanan tubuh saat berada di bawah tekanan atau stres. Hasilnya kita akan menggigil serta terjadi peningkatan detak jantung.

Mengobati alergi


kita memiliki alergi? Jangan khawatir sebab garam akan menyembuhkannya. Ya, memercikan air garam di lidah ternyata bermanfaat untuk mencegah serangan asma atau alergi dingin.

Siapa bilang garam membahayakan kesehatan? Ternyata, jika dikonsumsi dalam jumlah yang bijak, garam bisa menyehatkan tubuh kita. Dan jika garam yang kita konsumsi berkualitas baik seperti garam laut maka manfaat sehat yang kita dapatkan akan berlipat.

Yah itulah tadi seputar 8 manfaat yang mampu diberikan oleh sejumput garam bagi kesehatan kita yang belum banyak orang yang tahu. Semoga dengan membaca informasi ini, kita jadi tau lebih banyak tentang manfaat garam yang tak hanya sebagai bumbu penyedap masakan saja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tak disangka, inilah 8 manfaat yang mampu diberikan sejumput garam bagi kesehatan kita"

Posting Komentar