Inilah 8 Cara untuk Menumbuhkan Minat Membaca Pada Diri Kita!





Membaca adalah salah satu aktivitas penting yang akan mengantarkan kita menjadi pribadi yang lebih unggul dan berkualitas. Namun untuk menumbuhkan rasa senang untuk membaca tidak lah mudah. Inilah satu hal yang sering dirasakan banyak orang. Hal itu wajar karena kebanyakan orang tidak tahu caranya bagaimana menumbuhkan minat membaca. Dari itulah berikut ada 8 cara efektif untuk menumbuhkan minat membaca, yang Insya Allah akan bermanfaat dan membuat anda senang untuk membaca.

1. Tentukan Tujuan Membaca


Pembaca yang baik adalah pembaca yang tahu betul akan tujuan ia membaca. Membaca bukanlah hanya aktivitas mata saja, tapi melibatkan aktivitas pikiran dan hati.

Jika seseorang membaca buku tanpa tujuan maka apa yang dibacanya hanya akan sedikit saja memberikan manfaat. Berbeda dengan orang yang memiliki sebuah tujuan yang jelas.

Sebelum ia membaca buku ia harus tahu betul buku mana yang dibutuhkan dan manfaat apa yang bisa diambil dari buku yang akan dibaca. Hal inilah yang selama ini kurang dipahami oleh banyak orang, sehingga mereka pun sulit menumbuhkan minat membaca dalam dirinya.


2. Buatlah Perencanaan Dalam Membaca 



Dalam segala hal rencana selalu memegang peranan penting. Kenapa demikian? Karena perencanaan akan membantu seseorang menjadi lebih siap dalam menjalankan tugasnya.

Apakah termasuk dalam membaca buku? Ya. Membaca buku juga butuh perencanaan. Dalam hal ini anda harus tahu betul kapasitas kemampuan anda yakni berupa waktu yang tepat, buku yang sesuai dan kapasitas menguasainya.  Setelah anda mengetahui kemampuan anda, teruskan dengan membuat target misalnya anda akan membaca 1 buku dalam waktu satu bulan, dalam waktu 6 bulan anda akan membaca 6 buku dan satu tahun akan membaca 12 buku. Dalam menyusun perencanaan ini awalnya sangat berat, tapi dengan sebuah kesungguhan dan komitmen manfaat besar akan anda raih di kemudian hari.

3. Mulailah Dari yang Paling Anda Sukai


Ketika seseorang ingin menumbuhkan semangat membaca buku, sebaiknya bacalah buku-buku yang paling anda sukai lebih dulu. Namun di sini anda juga harus melihat kualitas buku bacaan yang anda. Tentu saja buku yang baik dibaca adalah buku-buku yang bisa memberikan manfaat kepada diri anda, bukan malah sebaliknya meskipun anda suka. Mungkin ada yang bertanya jika tidak ada buku yang saya sukai bagaimana?

Jika itu yang anda alami, saya sarankan banyak-banyaklah merenung, untuk menemukan masalah anda, karena hanya anda yang tahu tentang masalah itu.

4. Aturlah Waktu Anda


Tidak punya waktu satu alasan yang sering diungkapkan oleh seseorang ketika ditanya tentang membaca buku. Mungkin memang benar, karena kesibukan terkadang membuat menjadi capek dan sedikit punya waktu dibandingkan dengan seseorang yang aktivitasnya tidak banyak. Namun itu bukan alasan kenapa seseorang enggan membaca buku. Sebenarnya waktu itu banyak. Hanya saja seseorang cenderung mengingkarinya. Sekarang kalau kita mau jujur dalam sehari pastilah kita memiliki waktu luang,

meskipun hanya antara 30 menit sampai  1 jam. Benar gak? Tidak…..!!! Ini adalah jawaban orang yang hidupnya saya yakin tidak menyenangkan, hehe. Saya rasa tidak perlu saya panjang lebar, intinya adalah  kenali waktu luang anda dan gunakan itu untuk membaca, kalau perlu bawalah selalu buku kemanapun anda berada, sehingga kapan saja ada waktu luang anda bisa membacanya.

5. Mulailah Secara Bertahap


Banyak orang ketika menemukan semangat membaca pertama kali, biasanya mereka ingin langsung membaca buku, ada juga yang langsung mencari buku di toko buku, kemudian ia menyempatkan waktu yang banyak untuk itu.  Sampai-sampai mereka mengorbankan waktu-waktu yang lain hanya untuk membaca buku, bagi mereka buku adalah hal yang sangat penting. Bagi orang yang seperti ini saya mengatakan “Santai saja bro…perlahan-lahan saja, tidak usah terlalu nafsu. Sesungguhnya membaca itu hanya butuh istiqomah atau kontinuitas, khususnya bagi mereka yang belum terbiasa membaca. Karena kalau tidak anda akan cepat merasa bosan.

6. Bersungguh-sungguhlah


Pernah mendengar pepatah Arab yang berbunyi “Man Jadda Wajada” yang artinya siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil. Dalam membaca pun di butuhkan kesungguhan. Siapa orang yang bersungguh-sungguh dalam membaca, maka manfaat besar pun akan diraih. Sekarang coba anda tanyakan pada diri anda sendiri, selama ini sudahkah anda bersungguh-sungguh dalam membaca? Kalau sudah saya mengucapkan selamat, semoga manfaat besar akan segera anda raih. kalau belum, mulai detik ini segeralah rubah kebiasaan anda itu, mulailah mengambil sebuah tanggung jawab besar bahwa dengan membaca anda hidup anda dan hidup orang lain akan lebih bahagia.

7. Manfaatkan Sarana yang Ada


Jika di sekolah atau di rumah anda ada perpustakaan maka manfaatkan sarana itu dengan baik. Tentunya tidak semua orang punya koleksi buku bacaan yang banyak dan bermanfaat. Karena itulah sarana yang ada ini harus anda manfaatkan dengan baik. Mungkin anda bertanya “bagaimana dengan orang yang sudah tidak sekolah atau di rumahnya tidak ada perpustakaan? Tentu saja masih banyak hal yang bisa dilakukan misalnya dengan membeli buku, atau anda cari buku elektronik di internet, di sana pun anda bisa mendapatkan banyak bahan bacaan yang bagus dan bermanfaat.

8. Sampaikan Apa yang Anda Baca


Ketika seseorang sudah bisa mendapatkan ilmu dari sebuah buku, maka Dia wajib menyampaikan ilmu itu kepada orang lain. Kita dituntut untuk mengajar orang lain dari apa yang telah kita pelajari. Hal ini memberikan dua manfaat. Pertama, manfaat buat diri kita sendiri. Dengan kita berbagi, ilmu itu akan semakin terpatri di dalam otak, sehingga kita akan semakin memahami apa yang telah kita pelajari, dan saya yakin Allah akan mewariskan ilmu lain yang belum kita ketahui. Kedua, manfaat buat orang lain. Manfaatnya seperti bisa membantu orang lain keluar dari masalahnya, memberikan pengetahuan baru bagi orang lain, membukakan pikiran dan hati orang lain dari kebuntuan dan lain-lain. Satu hal yang harus kita catat “Setiap Anda mengajarkan manusia, maka Allah akan menambah ilmu Anda.”

Itulah tadi seputar ulasan tentang cara menumbuhkan minat membaca pada kita. Banyak baca sama artinya banyak ilmu. Banyak ilmu akan memberikan banyak manfaat. Untuk itu, perbanyaklah membaca agar mendapat banyak manfaat, baik untuk diri sendiri, maupun untuk orang lain. Bukankah sebaik-baiknya teman duduk adalah buku? Semoga informasi inibisa membawa kita pada perubahan-perubahan yang baik, khususnya lebih menumbuhkan motivasi kita untuk lebih gemar membaca.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 8 Cara untuk Menumbuhkan Minat Membaca Pada Diri Kita!"

Posting Komentar