Simak Yuk, Legenda Makhluk Misterius Mirip Dinosaurus dari Kongo, Apakah Masih Ada Hingga saat Ini? Inilah Kisahnya

Tahukah kamu tentang dinosaurus? Yap, makhluk yang sangat besar dan buas dan diyakini pernah hidup berabad-abad yang lalu. Dinosaurus dipercaya telah punah akibat dari meteor yang menabrak bumi dan mengakibatkan semua spesies dinosaurus mati dan punah. Tapi banyak mitologi dan kisah tentang dinosaurus yang masih hidup di jaman ini. Dan bahkan ada orang yang mengaku telah bertemu dan melihat penampakan dari dinousaurus. Seperti kisah makhluk misterius yang mirip sekali dengan dinosaurus asal Kongo berikut ini.



Jika di negara Barat ada legenda Nessie, maka di Kongo ada pula legenda sejenis. Makhluk yang hingga kini masih tergolong dalam kriptologi itu disebut dengan nama Mokele-Mbembe. Dalam bahasa Lingala yang digunakan oleh masyarakat Kongo, Mokele-Mbembe berarti "Sesuatu yang menahan arus sungai". Ya, makhluk ini dianggap mampu menahan arus sungai karena memiliki postur tubuh yang besar layaknya gajah atau kuda nil.

Sosok Mokele umumnya digambarkan mirip sauropoda, yakni dinosaurus terbesar pemakan tumbuhan. Panjang leher Mokele diperkirakan hampir selalu sama dengan panjang ekornya, antara 1 sampai 3 meter. Ada yang menggambarkan Mokele memiliki sesuatu di kepala yang mirip dengan jengger pada ayam jantan. Bahkan ada yang mengaku melihat sepasang tanduk di kepalanya. Warna tubuhnya antara abu-abu hingga cokelat kemerahan. Kulitnya tebal, licin, dan tidak berambut.



Mokele dipercaya hidup di danau Tele dan aliran sungai Likouala yang menuju danau Tele di wilayah Kongo, Afrika. Sama seperti Nessie dari Skotlandia, Mokele Mbembe juga dipercaya sebagai makhluk prasejarah yang sanggup bertahan terhadap perubahan zaman. Namun, keberadaannya masih menjadi misteri karena Mokele sangat jarang menampakkan diri. Karena minimnya bukti itulah, banyak yang mengatakan makhluk misterius ini tak lebih dari kuda nil. Namun, orang-orang Pigmi penghuni daerah aliran sungai Likouala tetap bersikeras mengatakan itu bukanlah kuda nil. Bahkan mereka mengaku Mokele justru akan membunuh kuda nil yang dijumpainya.

Memasuki era modern, banyak ekspedisi dilakukan, terutama oleh orang Eropa dan Amerika, guna mencari bukti keberadaan Mokele. Sayangnya tak satupun dari usaha itu membuahkan hasil. Meski begitu, pembahasan Mokèlé-mbèmbé tetap saja dituangkan dalam banyak buku dan film-film dokumenter serta muncul pula dalam banyak karya fiksi dan budaya populer.



Entah Mokele-Mbembe memang benar ada, atau hanya hasil salah lihat dari para warga Kongo. Yang jelas hampir seluruh wilayah Kongo tertutup hutan lebat yang nyaris tidak berubah selema 60 juta tahun terakhir. Jadi, bukan tidak mungkin Kongo menjadi tempat yang tepat bagi dinosaurus.

Bagaimana menurutmu? Apakah makhluk raksasa ini dan yang menyerupai dinosaurus lainnya benar-benar masih ada dan hidup hingga saat ini? Semoga misterinya dapat segera terpecahkan.

Sumber: ceritadanmitos

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Simak Yuk, Legenda Makhluk Misterius Mirip Dinosaurus dari Kongo, Apakah Masih Ada Hingga saat Ini? Inilah Kisahnya"

Posting Komentar