Terungkap! Inilah Cara Membuat Surat CV Lamaran yang Dijamin Memikat Perusahaan

Dapat bekerja di perusaan bonafit merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Di mana kamu akan tampak lebih keren. Selain itu, gajinya juga sangat besar. Namun, jika ingin bekerja di perusahaan besar dan bonafit, kamu juga perlu mempersiapkan diri dengan matang. Selain ijazah kuliah, skill dan prestasi, kamu juga harus mempunyai keahlian dalam membuat surat lamaran dan CV yang dapat memikat perusahaan.

Namun, kamu masih bingung saat akan menulis resume saat hendak melamar kerja? Tenang saja dan tak perlu khawatir, karena kamu bukanlah satu-satunya orang yang mengalami hal seperti itu. Banyak pelamar pekerjaan membuat surat curriculum vitae (CV) namun justru hanya sedikit yang dibaca oleh pencari kerja.


Menulis CV ternyata ada trik tersendiri. Maklum, dokumen CV merupakan alat komunikasi pertama pelamar dan perusahaan yang berisi keahlian dan pengalaman.

Namun, sebuah survei menunjukan anggapan informasi penting dalam CV yang diyakini pelamar dan perusahaan ternyata sangat berbeda.

Sebagai contoh, 72 persen orang percaya harus memasukan hobi dalam CV mereka. Namun hanya 41 persen perusahaan yang menganggap penting taktik ini.

Sementara itu, 83 persen orang beranggapan surat CV tak boleh lebih dari dua halaman. Namun 32 persen perusahan memiliki pendapat berbeda.

Dikutip dari laman Dailymail, hasil survei ini diperoleh dari 2.000 orang dan 480 perusahaan. Survei ini dilakukan perusahaan konsultan Page Group.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak kandidat memasukan foto terbaru dalam CV mereka. Harapannya, cara ini bisa memikat perhatian. Nyatanya, 74 persen perekrut justru menganggap langkah ini melemahkan CV mereka.

Menurut perusahaan hal-hal kurang penting dalam CV seseorang adalah menempatkan riwayat pendidikan sebelum atau sesudah pengalaman kerja, CV hanya 2 halaman, menulis dari sudut pandang orang ketiga, pengalaman kerja di luar negeri dan organisasi sosial.

Perekrut mengatakan pencari kerja harus mulai menyadari untuk memasukkan profil sosial media saat melamar pekerjaan.


Berikut informasi penting yang diperhatikan perusahaan saat melihat CV pelamar :


1. Hindari salah ejaan dan salah ketikan

2. Hindari kesalahan gramatikal

3. Masukkan pencapaian yang telah diperoleh dari pekerjaan sebelumnya dengan detail

4. Gunakan bahasa yang terkesan profesional

5. Jelaskan tanggungjawab dalam pekerjaan sebelumnya.

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, semoga surat lamaran yang kamu kirimkan ke sebuah perusahaan mampu mengantarmu untuk menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Dan kamu pun bisa diterima kerja di perusahaan bonafit sesuai dengan yang kamu impikan. Untuk itu, sebaiknya mulai sekarang berlatihlah untuk membuat surat CV seperti kriteria di atas dan jangan lupa dibaca kembali hasilnya untuk menghindari kesalahan ejaan atau pengetikan. Semoga berhasil kawan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Terungkap! Inilah Cara Membuat Surat CV Lamaran yang Dijamin Memikat Perusahaan"

Posting Komentar