Terlalu Banyak Memuji Bisa Bikin Anak Jadi Narsis

Para orang tua memberikan pujian kepada anaknya untuk menghargai kelebihan sang anak atau untuk membangkitkan rasa percaya diri sang anak. Namun, tahukah jika memberikan pujian justru bisa berdampak buruk karena sangat berpeluang menjadikan seorang anak menjadi sosok yang narsis.
Terlalu Banyak Memuji Bisa Bikin Anak Jadi Narsis
Sebuah studi dilakukan untuk meniliti anak usis 7-12 tahun. Hasilnya menunjukkan, pada anak yang sering mendapat pujian sebagai anak yang istimewa cenderung akan menjadi narsis saat beranjak dewasa nanti.

Menurut seorang peneliti, Brad Bushman mengatakan bahwa anak-anak percaya ketika orangtuanya mengatakan bahwa ia special dibandingkan anak-anak yang lain. Hal ini mungkin tidak bagus bagi mereka dan lingkungan di sekitar mereka.
Terlalu Banyak Memuji Bisa Bikin Anak Jadi Narsis
Pujian yang diberikan itu justru tidak membuat rasa percaya diri pada anak meningkat, tetapi justru meningkatkan level narsis. Para orang tua sangat penting untuk mengekspresikan kehangatan kepada anak-anaknya karena bisa meningkatkan harga diri mereka. Namun, jika terlalu banyak memberikan pujian, bisa mempromosikan narsisme yang lebih tinggi. Hal ini juga bisa menyebabkan tingkat agresi dan kekerasan yang lebih tinggi.

Wah, ternyata terlalu banyak memuji anak sendiri itu tidak bagus ya sobat artikelnine.blogspot.com. Mungkin kita selalu beranggapan bahwa anak kita adalah anak yang pintar dan hebat. Kita juga sering mengatakan hal itu pada mereka agar mereka merasa dihargai dan lebih percaya diri. Namun, pujian itu juga yang bisa mengganggu perkembangan mereka dan membuat mereka menjadi narsis yang berlebihan. Sebaiknya berikan pujian sewajarnya saja dan tidak terlalu sering.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Terlalu Banyak Memuji Bisa Bikin Anak Jadi Narsis"

Posting Komentar