Wow! Pixar Animation Studio Bakal Dibangun di Bandung



Pecinta film animasi tentunya tahu tentang Pixar Animation. Pixar animation dikenal sebagai sub studio Walt Disney Company yang memproduksi film-film animasi populer seperti Toy Story, Cars, Up, Finding Nemo, The Incredible Monter Inc, dll.

Pada awalnya Pixar Animation merupakan sub divisi dari rumah produksi Lucas Film (ILM) yang didirikan pada tahun 1979 dengan nama Graphics Group. Selang beberapa tahun beroperasi, pendiri Apple, Steve Jobs membelinya dengan seharga 5 juta dolar As lalu mengubah namanya menjadi Pixar Animation Studio. Tak lama dari itu, Pixar studio bergabung dengan Disney untuk membuat film animasi blockbuster Toy Story (1995).

Termaktub dalam laman Filmsite.org, sudah ada 14 film hasil kolaborasi Pixar-Disney pada tahun 2014. Semua film yang diproduksi oleh Pixar masuk daftar 40 teratas film animasi paling sukses sepanjang masa di box-office. Disebutkan total pendapatan keempat belas film animasi tersebut mencapai sekitar 3,6 triliun dolar AS (domestik) dan 8,6 triliun dolar AS (seluruh dunia) dengan anggaran produksi hanya sebesar 1,95 triliun dolar AS. Selain itu, film animasi Pixar juga telah mengumpulkan penghargaan sebanyak 41 nominasi Academy Awards, 12 piala Oscar, 6 Golden Globes, dan 11 Grammy Awards.

Melihat prestasi luar biasa yang telah diraih oleh Pixar animation tersebut, tak heran jika Ridwan Kamil yang kini masih aktif sebagi Walikota Bantung itu tertarik untuk bekerjasama dan membangun Pixar Animation studio di Bandung. Hal ini ditunjukkan melalui beberapa foto yang diunggah oleh bapak walikota ini di akun Instagramnya pada Sabtu, 6 Juni 2015 lalu.

Pada salah satu fotonya, bapak walikota yang juga arsitek dan dosen ini terlihat berpose di depan Steve Jobs Building yang terletak di Studio Pixar. Tak lupa ia sematkan caption sebagai keterangan dari foto tersebut, "Rapat kerja dengan Pixar Animation untuk membuka bisnis dengan anak-anak animasi dan ekonomi kreatif di Bandung."

Sedangkan foto kedua memperlihatkan pose sang walikota dengan beberapa karakter dari keluarga superhero, The Incredibles. Hal ini semakin menegaskan rencananya untuk membangun Pixar Animation di Bandung. "Pixar Animation Studio di Bandung Teknopolis? Sedang diupayakan. Amin," tulisnya pada captionnya. Kedua foto sang walikota itupun disambut baik dan mendapat respon yang positif dari masyarakat.

Di bawah pemerintahan Ridwan Kamil, Bandung bakal dibangun menjadi tempat hidup, bekerja, belajar dan bermain berbasis ICT (Industrial Communication Technologies) Global yang dirangkum dalam konsep Bandung Teknopolis. Lewat konsep tersebut diharapkan mampu menumbuhkembangkan wirausaha dan usaha berbasis teknologi dan inkubasi teknologi menjadi salah satu strategi penting.

Perkembangan industri berbasis teknologi seperti animasi di Indonesia saat ini memang sedang mulai bangkit. Beberapa karya animasi anak negeri seperti Battle of Surabaya atau Bilu Mela telah mendapat apresiasi dari luar negeri. Bilu Mela karya alumnus IKJ Fajar Nuswantoro sudah dibeli hak ciptanya oleh beberapa negara, sedangkan Battle of Surabaya(BOS) produksi rumah produksi Yogyakarta, MSV Pictures telah memenangkan kompetisi trailer di Internasional. Bahkan sekarang ini BOS sedang dilirik oleh perusahaan animasi raksasa, Disney.

Kedua animasi karya anak negeri tersebut merupakan salah satu bukti dari perkembangan industri animasi di Tanah Air. Semoga upaya Ridwan Kamil untuk dapat lebih meningkatkan kreativitas anak-anak Indonesia, khususnya dalam bidang animasi dapat segera terealisasi. Untuk perkembangan lebih lanjutnya tentang bagaimana kerja sama antara walikota Bandung dan Pixar studio ini masih dalam tahap pembicaraan. Mari kita dukung upaya sang walikota dalam upaya menumbuhkan ekonomi kreatif tersebut di Indonesia.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wow! Pixar Animation Studio Bakal Dibangun di Bandung"

Posting Komentar