Ternyata Matras Puzzle Warna-warni Sangat Berbahaya Hingga Sebabkan Kematian



Punya matras atau tikar puzzle warna-warni di rumah? Matras berpola puzzle kotak dengan berbagai warna yang cerah, serta dilengkapi dengan huruf, angka, atau gambar-gambar menarik. Matras ini biasanya dipakai di rumah yang di dalamnya terdapat anak-anak. Karena, selain sebagai alas lantai, matras puzzle ini juga bisa digunakan sebagai media belajar anak dalam mengenal huruf, angka, serta gambar-gambar lucu.

Namun, tahukah bunda kalau matras puzzle ini sebenarnya berbahaya? Mulai saat ini, sebaiknya para orang tua mewaspadainya. Bahkan, beberapa Negara di Eropa telah melarang penggunaan produk tersebut sejak awal tahun 2011 lalu.

Dibalik warna-warna cerahnya yang menarik perhatian, khususnya bagi balita, ternyata ada bahaya yang mengintai yang perlu diwaspadai oleh para orang tua. Matras puzzle terbuat dari EVA (Ethylene Vinyl Asetat) yang dicampur formamida. Formamida ditambahkan selama proses pembuatan agar busa yang terbentuk lebih lentur dan empuk. Zat tersebut beracun serta bersifat karsinogenik (memicu kanker).

Dalam bentuk murninya, formamida adalah zat kimia yang tidak berwarna dan kental, berbau amonia ringan, mudah larut dalam air dan mudah memasuki tubuh melalui pernapasan atau paparan kulit. Menghirup sejumlah besar uap formamida memerlukan perhatian medis dan mungkin akan mematikan jika tertelan.

Hingga saat ini, belum diketahui secara jelas berapa besar kadar formamida dalam produk yang kebanyakan digunakan sebagai alas lantai tersebut. Namun, bahaya yang disebabkan oleh zat itu sudah tidak perlu diragukan lagi.

Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa formamida menyebabkan malformasi janin. Wanita hamil harus menghindari bahan kimia tersebut. Studi yang sama juga menemukan bahwa bila bayi tikus menelan formamida sekitar 100 mg/kg berat badan per hari, pertumbuhan fisiknya akan melambat.

Bagaimana jika zat itu tertelan oleh buah hati kita yang masih bayi atau balita? Bayi dan balita paling rentan terkontaminasi karena mereka memiliki kebiasaan memasukkan segala sesuatu ke mulutnya. Oleh karena itu, hindari menyimpan makanan pada matras ini, terutama pada matras puzzle yang masih baru. Formamida sangat berbahaya bagi perkembangan anak-anak serta bagi ibu hamil karena akan mempengaruhi perkembangan janin dan juga bisa menyebabkan kanker.

Jadi, sebaiknya hindari pemakaian matras puzzle ini di rumah kita. Ini sebagai upaya untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan pada buah hati kita. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Semoga informasi yang kami tulis ini bisa bermanfaat untuk sobat ArtikelNine semuanya. Jangan lupa membagikan informasi ini kepada saudara atau orang-orang terdekat yang anda sayangi karena masih banyak yang belum mengetahui tentang informasi ini. Berbagi itu indah, apalagi berbagai ilmu dan hal-hal yang bermanfaat bagi banyak orang.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Matras Puzzle Warna-warni Sangat Berbahaya Hingga Sebabkan Kematian"

Posting Komentar