Tikus-tikus Kesatria, Mampu Selamatkan Ribuan Nyawa



Mungkin banyak yang menganggap bahwa tikus adalah binatang yang menjijikkan, kotor dan bau karena kebiasaan hewan pengerat yang satu ini adalah berada di tempat-tempat yang kotor. Namun, pernahkah anda berpikir bahwa jenis hewan pengerat ini juga mampu menjadi seorang kesatria yang dapat menyelamatkan ribuan nyawa?

Hewan-hewan pengerat berjiwa kesatria dan pemberani ini disebut HeroRats. Mereka merupakan bagian dari APOPO, sebuah organisasi nirlaba asal Belgia. Tikus-tikus ini telah menyelamatkan begitu banyak nyawa berkat keahlian mereka dalam menemukan ranjau darat. Setidaknya 1.000 nyawa sudah berhasil diselamatkan.

Tikus-tikus dari jenis Giant African Pouched Rats ini mendapatkan pelatihan secara khusus untuk dapat mendeteksi adanya ranjau darat dengan indera mereka.

Setiap tikus bisa diperkerjakan untu mencari ranjau di area seluas 200 meter persegi dalam waktu 20 menit. Hal ini jauh lebih efektif dibandingkan dengan pemakaian detektor ranjau biasa yang butuh 25 jam untuk mendeteksi keberadaan ranjau.

HeroRats ini telah beroperasi sejak tahun 1997. Selama masa tugas, belum ada satu pun dari mereka yang ‘gugur’. Wow, great job! Hal ini disebabkan karena bobot mereka tidak boleh lebih dari 5 kg. jadi, ranjau tidak akan teraktivasi meskipun para tikus ini berdiri di atasnya.


Para tikus ini pun dijamin kehidupannya. Mereka diberi makan dengan baik. Telinga mereka rutin diolesi tabir surya untuk mencegah kanker kulit. Jika dianggap sudah terlalu tua dan tidak mampu lagi bertugas, mereka akan dilepaskan kembali ke alam liar.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tikus-tikus Kesatria, Mampu Selamatkan Ribuan Nyawa"

Posting Komentar