Tak Sekedar Usir Bosan, Orang Dewasa Pun Juga Perlu Mewarnai, Ini Manfaatnya


Tren Orang Dewasa Mewarnai

Kegiatan orang dewasa mewarnai yang kini tengah menjadi tren

Apa yang kamu pikirkan jika berbicara mengenai kegiatan mewarnai? Pasti di benak kita terpikir mewarnai identik dengan anak-anak. Ya, anak-anak memang paling gemar mewarnai, dan itu diajarkan di sekolah sejak PAUD sebagai sebuah keterampilan seni.

Namun, ternyata tak hanya anak-anak yang perlu untuk mewarnai. Orang dewasa pun juga perlu melakukan kegiatan ini. Selain mewarnai merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan, masih banyak manfaat positif lainnya yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan mewarnai.

Mewarnai buku gambar dipercaya bisa membantu menghilangkan kejenuhan hingga meredakan stres. Setidaknya itu yang diakui para orang dewasa yang menjadikan aktivitas ini sebagai hobi barunya.

Seperti pengalaman Amelia Ayu Kinanti, seorang karyawan di sebuah perusahaan swasta. Wanita 30 tahun ini merasa lebih relaks ketika mewarnai buku bergambar.

"Kalau lagi kebanyakan kerjaan kan otak mumet, jadi berhenti dulu buat mewarnai buku. Jadinya relaks, nggak kaku, nggak mumet. Pikiran jadi jernih," ujar wanita yang biasa disapa Ayu ini.

Tidak hanya untuk relaksasi, mewarnai buku gambar juga dipercaya melatih kemampuan motorik dan otak agar bisa lebih fokus. Benarkah demikian? Ini pendapat sejumlah ahli.

Di awal tahun '90-an, para dokter telah mempelajari efek mewarnai bagi kesehatan mental. Psikiater Carl Jung seperti dikutip dari Fox News kerap memberikan terapi mewarnai untuk menenangkan dan membuat pikiran para pasiennya lebih terfokus. Sekarang ini, teknik Carl masih direkomendasikan oleh para dokter untuk mengatasi kegelisahan.

Aktivitas mewarnai juga bisa mengurangi rasa takut dan cemas. Psikolog Dr. Ben Michaelis menerangkan bahwa mewarnai gambar bisa mengaktifkan logika pada otak dan menciptakan pola pikir yang lebih kreatif.

"Karena merupakan aktivitas yang terpusat, amygdala --bagian dari otak yang merespon rasa takut-- bisa beristirahat sedikit demi sedikit. Dan semakin lama efeknya bisa sangat menenangkan," tutur Ben.

Saat mewarnai, orang dewasa akan merasa seperti kembali menjadi anak-anak lagi. Sehingga mereka bisa merasakan kehidupan yang bebas dari tekanan dan rasa khawatir selama beberapa waktu.

"Memperhatikan anak-anak dan bagaimana mereka bisa tenang saat mewarnai benar-benar mendasari ide ini. Kenapa orang dewasa tidak bisa mendapatkan juga ketenangan itu di dalam otak mereka?" kata neuropsychologist dan neuroscientist Dr Stan Rodksi, seperti dikutip dari ABC.net.au.

Stan menambahkan, proses dalam pewarnaan itu yang menimbulkan efek menenangkan karena kita merasa menikmati saat mewarnai gambar. Proses tersebut membawa kita pada momen di mana stres jadi dibebaskan. Efek relaksasi dari mewarnai gambar pun dibuktikan Stan lewat alat canggih yang bisa mengukur gelombang otak dan ritme jantung.

"Hal paling menakjubkan adalah kami melihat adanya perubahan pada detak jantung dan gelombang di otak," terangnya.

Ia juga menjelaskan dalam proses mewarnai buku gambar ada tiga elemen yang membawa dampak positif dari aktivitas ini; repetisi (gerakan yang berulang), pola dan detail. Ketika Anda melakukan sesuatu yang sudah bisa diprediksi dalam cara-cara tertentu, hal itu akan berefek menenangkan.

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat dari kegiatan mewarnai bagi orang dewasa, tak ada salahnya jika kita mencobanya. Setelah seharian terbebani dengan pekerjaan yang menguras tenaga dan otak, mungkin waktu senggang yang kita miliki bisa kita isi untuk melakukan kegiatan mewarnai ini. Dengan begitu, kita bisa merasa lebih relaks dan sedikit merasakan kebebasan berekspresi yang dituangkan dalam buku gambar yang akan dihiasi dengan warna-warna kesukaanmu.


Sekedar info, sekarang buku gambar mewarnai untuk orang dewasa seperti contoh di atas itu sangat laris dan diminati oleh banyak orang dewasa. Dalam buku mewarnai tersebut terdapat pola-pola gambar yang memang dikhususkan untuk orang dewasa karena polanya memang dibuat jauh lebih rumit daripada buku mewarnai anak-anak pada umumnya. Dan kita tinggal mewarnai pola gambar tersebut sesuai dengan kreasi dan imajinasi kita. Menarik bukan?

Buat kamu yang ingin mencoba melakukan hobi ini, berikut ArtikelNine kumpulkan contoh-contoh gambar yang bisa kamu warnai tanpa perlu membeli bukunya. Tinggal disalin, diprint, kemudian ambil pensil warnamu, dan mulailah mewarnai.

Sepasang burung hantu


Suasana hutan yang dihuni oleh para peri


Princess


Seperti Ratu Jodha


Burung, capung, bunga dan kupu-kupu

Bunga-bunga di taman yang indah


Putri peri


Burung merak yang elok


Kupu-kupu di atas tanaman stroberi


Kupu-kupu dan bambu


Ragam topeng


Jerapah yang sedang menikmati dedaunan


Burung hantu


Secangkir kopi penuh cinta


Balon udara


Balon udara 2


Berbagai wahana permainan di taman hiburan


Arsitektur kota

Kupu-kupu


Bunga-bunga


Menara Masjid


Burung merak yang mempesona


Keluarga kucing


Rumah-rumah burung di pohon


Bentuk hati cocok untuk yang sedang kasmaran


Arsitektur rumah padat penduduk


Sumber : wolipop

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tak Sekedar Usir Bosan, Orang Dewasa Pun Juga Perlu Mewarnai, Ini Manfaatnya"

Posting Komentar