Apakah Hanya Manusia Dan Hewan Saja Yang Dapat Mendegar? Bagaimana Dengan Tanaman Apakah Dapat Mendengar Juga? Ini Penjelasannya


Manusia diciptakan dengan sempurna, bisa mendengar, melihat, dll. Tetapi apakah tumbuhan dapat mendengar layaknya manusia? Tentu saja itu sangat mengejutkan. Tetapi setelah ada penelitian tentang tumbuhan saya baru percaya bahwa tumbuhan dapat mendengar.


Ada sebuah penelitian oleh Heidi Appel dan Rex Cocroft dari University of Missouri, Kolombia Pada tahun 2014. Hasil penelitian ini mendapatkan suatu temuan yang sangat mengejutkan. Karena, tanaman ternyata dapat memberikan reaksi terhadap suara kunyahan ulat pada daun-daunnya dengan cara mengeluarkan sejumlah zat kimia pengusir serangga.

Menurut Appel, sebetulnya sudah diketahui bahwa suara-suara mempengaruhi cara tanaman menyebarkan benih dan menyusun urutan gen tanaman, Tapi cara bagaimana tanaman bisa peka terhadap suara yang merambat melalui udara masih tetap menjadi misteri.

Kemudian Rex Cocroft  mencoba menggunakan sinar laser dan sejumlah pita pemantul untuk merekam getaran-getaran yang disebabkan oleh ulat yang sedang mengunyah tanaman mustard, kemudian memperdengarkan suara rekamannya ke tanaman lain yang sejenis. Sementara itu, beberapa tanaman lainnya yang berfungsi sebagai pembanding tidak dipaparkan pada suara getaran (dalam keadaan sunyi) selama 2 jam.


Sedangkan tugas Appel mengukur keberadaan glukosinolat, yaitu salah satu zat kimia yang dikeluarkan oleh tanaman untuk mengusir serangga. Zat inilah yang memberikan rasa kecut pada tanaman mustard. Hasilnya, tanaman yang `mendengar` rekaman suara ulat mengunyah ternyata mengeluarkan lebih banyak zat kimia tersebut ketika daun-daunnya kemudian dikunyah sungguhan. Dengan menyuguhkan bunyi getaran-getaran kunyahan sebelumnya, tanaman pun dapat mempersiapkan dirinya!

Menurut Appel, sistem pertahanan utama seperi ini cukup lazim, karena Hal ini memungkinkan tanaman untuk menghindari menghasilkan zat kimia secara berlebihan untuk pertahanan diri sampai benar-benar diperlukan.Sehingga kesimpulan yang didapat dari penelitian dan percobaan ini adalah tumbuhan dapat mendengar sesuatu menggunakan getaran getaran yang ada di sekelilingnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Hanya Manusia Dan Hewan Saja Yang Dapat Mendegar? Bagaimana Dengan Tanaman Apakah Dapat Mendengar Juga? Ini Penjelasannya"

Posting Komentar