Inilah 4 Manfaat Luar Biasa Minum Segelas Air Hangat di Pagi Hari yang Perlu Kita Ketahui


Kandungan air dalam tubuh manusia mencapai sekitar 2 / 3 atau sekitar 60% – 70% dari berat tubuh. Bisa dibilang secara keseluruhan tubuh manusia bergantung pada air, sehingga air merupakan nutrisi yang paling penting untuk kesehatan tubuh manusia.

Akhir-akhir ini, ada banyak perdebatan mengenai berapa suhu yang tepat untuk air yang akan kita minum. Meskipun pada umumnya kita meminum air pada suhu kamar atau dingin, namun para ahli menyarankan sesuatu yang sama sekali berbeda. Menurut mereka, minum air hangat, bukan air dingin pada waktu perut kosong setiap paginya adalah cara terbaik agar kita dapat memaksimalkan manfaat kesehatan.


Meskipun air dingin lebih banyak dipilih orang untuk diminum karena memiliki sensasi kesegaran di mulut dan tenggorokan. Namun, ternyata hal itu bukanlah pilihan yang baik dan tepat. Penelitian menunjukkan bahwa tubuh manusia membutuhkan lebih banyak energi untuk mengatur suhu air dingin dengan suhu dalam tubuh. Dengan kata lain, tubuh akan butuh lebih banyak energi untuk menyesuaikan suhu dalam tubuh ketika kita minum air dingin.

Oleh karena itu, minum air hangat di pagi hari jauh lebih menguntungkan bagi kesehatan karena menghemat energi dan membuat kita tetap terhidrasi sepanjang hari.

Berikut adalah manfaat kesehatan yang didapat dengan meminum air hangat di pagi hari di saat perut kosong dikutip dari healthy food team:

1. Mengurangi rasa sakit


Ini mungkin terdengar sulit dipercaya, tapi segelas air hangat di pagi hari dapat meredakan sakit kepala atau nyeri di tempat lain dalam tubuh, karena fakta bahwa panas merangsang sirkulasi serta melemaskan saraf dan otot pada saat yang sama, sehingga mengurangi tekanan dan kecemasan.

2. Meningkatkan sirkulasi darah


Pada pagi hari biasanya sirkulasi darah dalam tubuh sangat lemah begitupun dengan detak jantung yang membuat tubuh kita terasa lemah dan kaku. Meminum air hangat dapat segera memperbaiki serta meningkatkan sirkulasi darah.

3. Memperlambat penuaan


Akumulasi racun dalam tubuh dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Racun yang masuk ke dalam tubuh kita melalui makanan dan faktor lingkungan juga mempercepat penuaan.

Air hangat di pagi hari dapat memasok lebih banyak uap air ke kulit, meregenerasi dan membuatnya lebih elastis.

4. Mengatur berat badan


Seperti disebutkan di atas, air dingin menurunkan detak jantung dan mengurangi suhu tubuh, sedangkan air hangat merangsang metabolisme dan mempromosikan penurunan berat badan instan.

Selain itu, air hangat sangat bermanfaat bagi ginjal kita, yang dapat membantu tubuh mengatur kadar gula darah, sehingga mencegah ngidam yang tidak sehat, yang merupakan penyebab utama kenaikan berat badan.

Itulah manfaat minum segelas air hangat di pagi hari saat perut dalam keadaan masih kosong. Ternyata hal sepeleh ini dapat mendatangkan manfaat yang besar bila kita lakukan secara rutin dan terus menerus. Semoga dengan melakukan terapi ringan, yakni minum air hangat di pagi hari ini dapat membuat tubuh kita senantiasa sehat dan prima, serta siap menghadapi segala aktivitas berat selama sehari penuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 4 Manfaat Luar Biasa Minum Segelas Air Hangat di Pagi Hari yang Perlu Kita Ketahui"

Posting Komentar