Saksi Bisu Berbagai Fenomena di Aceh



Tsunami yang terjadi di Aceh bebeapa tahun lalu telah menewaskan 230.000 orang di beberapa negara, yag sebagian besar adalah orang Indonesia. Pemicu ombak setinggi 30 meter yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 terjadi disebabkan gempa bumi yang berkekuatan 9,1 Skala Richter. Pada tahun 2011 lalu, riset menemukan endapan pasir di dasar laut yang tersapu ke dalam gua dan berakhir secara rapi, tertata seperti kue geologis.


Lalu apa yang dapat mengungkap kejadian Tsunami di Aceh ? Ya, Sebuah gua yang ditemukan dekat pusat gempa dan memicu tsunami di wilayah Indonesia. Misteri dari Gua Batu Kapur yang terletak beberapa meter di lepas pantai Banda Aceh, sekitar satu meter di atas ombak setinggi lutut, dan terlindungi dari angin maupun badai. Hanya ombak saja yang dapat menggenangi wilayah pesisir yang mampu menyembur ke dalam.

Beberapa riset telah menganalisa dan hasilnya adalah keberadaan radiokarbon atas materi-materi yang ditemukan di gua ini terdapat kulit kerang, sisa-sisa organisme mikroskopis, memberi bukti adanya 11 tsunami sebelum tahun 2004. Gua ini juga menyimpan jejak ombak raksasa hingga 7.500 tahun yang lalu, seperti layaknya arsip/dokumen. Tapi, gua ini adalah arsip alam yang sangat langka karena dapat menunjukkan kapan kira-kira bencana berikutnya terjadi, Subhanallah.


Periode Tsunami dan jangka waktunya sangat bervariasi, sehingga tidak dapat dipastikan. Para peneliti mengetahui, bahwa ada dua gempa bumi besar di wilayah Aceh sekitar tahun 1393 dan 1450. Dikatakan oleh Rubin “Tsunami besar bisa saja menyapu bukti adanya bencana lain melalui erosi”.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Saksi Bisu Berbagai Fenomena di Aceh"

Posting Komentar