Bahaya Penggunaan Touchscreen Pada Anak-anak, Orangtua Wajib Tahu



Kian hari perkembangan teknologi tumbuh semakin cepat. Masyarakat seakan sudah tidak bisa lepas dengan penggunaan teknologi dalam kesehariannya. Terutama dalam pemakaian gadget. Bahkan, anak-anak usia dini pun seakan tak mau ketinggalan. Bahkan kebanyakan sudah sangat mahir dalam mengoperasikan dan menggunakan berbagai jenis gadget.

Gadget yang ada sekarang ini kebanyakan sudah tidak menggunakan keypad dan beralih menggunakan teknologi layar sentuh. Memang hal ini lebih memudahkan dalam pemakaiannya, bahkan anak-anak sekalipun dapat dengan mudah mengoperasikannya. Namun, tahukah bahaya penggunaan layar sentuh atau touchscreen pada anak-anak dan balita?
 
Anak-anak yang sudah sangat akrab dan mahir menggunakan gadget layar sentuh

Seorang ahli terapi dari Maryland, Amerika Serikat, memperingatkan bahwa penggunaan layar sentuh dalam waktu lama oleh seorang anak dapat melemahkan otot tangan anak tersebut.

Hal inilah yang membuat banyak anak mengalami keterlambatan pertumbuhan otot atau kelemahan otot di beberapa bagian.

Walaupun para ahli masih memperdebatkan pengaruh layar sentuh bagi tubuh seseorang karena teknologi ini masih baru dan pengaruh jangka panjangnya masih belum diketahui dengan pasti, akan tetapi the American Academy of Pediatri, mengatakan bahwa seorang anak tidak boleh menggunakan layar sentuh lebih dari dua jam setiap harinya.
 
Bahaya penggunaan touchscreen pada anak-anak

Efek Buruknya

Bahkan mereka juga mengatakan bahwa anak yang masih berusia kurang dari dua tahun sebenarnya sama sekali tidak boleh menggunakan berbagai perangkat layar sentuh tersebut.

Selain itu, di Inggris pun para ahli telah memperingatkan bahwa penggunaan berbagai perangkat elektronik seperti komputer, alat video game, dan smartphone merupakan suatu bom waktu bagi kesehatan anak karena dapat menimbulkan rasa sakit pada leher dan punggungnya.

Bahkan, menurut sebuah penelitian, 3 dari 4 orang anak SD dan 2 dari 3 orang anak SMP/SMU dilaporkan menderita nyeri leher dan nyeri punggung akibat penggunaan berbagai alat elektronik dengan layar sentuh dalam waktu lama.

Seorang fisioterapis mengatakan bahwa gaya hidup modern dan kemajuan teknologi membawa efek yang sangat buruk bagi kesehatan anak, yang jika tidak segera ditanggulangi akan memberikan efek yang sangat besar bagi generasi mendatang.

Nah, setelah mengetahui berbagai bahaya penggunaan layar sentuh bagi anak-anak, para orangtua harus bijak dalam memberikan mainan kepada anak-anaknya. Meski gadget adalah mainan multifungsi dan juga bisa digunakan sebagai media belajar, namun tak bijak rasanya jika membiarkan anak berlama-lama bermain dengan gadgetnya. Batasi penggunaannya, agar anak lebih aktif dan tidak mengalami gangguan kesehatan di masa mendatang akibat penggunaan gadget yang berlebihan sejak kecil.

Sumber : Tribunnews.com


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Penggunaan Touchscreen Pada Anak-anak, Orangtua Wajib Tahu"

Posting Komentar