Inilah Beberapa Penyakit yang Menghantui Pengguna Kipas Angin dan AC



Cuaca panas membuat tubuh menjadi gerah dan berkeringat. Bahkan saat di dalam rumah dan dalam keadaan tidak beraktifitas pun tetap terasa gerah. Jika sudah seperti ini, paling enak ditemani dengan kesejukan dan hembusan angina sepoi-sepoi.

Untuk melawan cuaca panas yang membuat tubuh gerah dan berkeringat, orang-orang memilih untuk memasang kipas angin atau AC di dalam rumah, tempat kerja, bahkan di sekolah. Ini dianggap solusi agar mereka yang beraktifitas di dalam ruangan tetap bisa merasa nyaman tanpa kegerahan atau berkeringat.
 
Ilustrasi penggunaan kipas angin yang terlalu lama 

Namun, tahukah bahwa paparan dingin dari kipas angin dan AC yang terlalu lama atau sering ternyata dapat mengganggu kesehatan. Efeknya akan terasa pada wajah, kepala, leher atau organ lain yang mengalami beberapa gangguan saraf.


Berikut ini penyakit yang bisa timbul akibat penggunaan kipas angin dan AC yang terlalu lama atau sering :

► Bell's Palsy

Bell' palsy atau kelumpuhan wajah sesisi merupakan efek dari paparan yang terlalu sering dan lama yang menyebabkan pembengkakan saraf wajah. Biasanya gejala yang ditimbulkan yaitu salah satu matanya pedih ketika cuci muka, karena tak dapat dipejamkan, sulit berkumur, mulutnya miring/mencong, bicaranya pelo, saat minum airnya akan meler, dan pengecapan lidah berkurang. Kemungkinan penyakit ini berasal dari infeksi virus yang terbawa oleh udara atau angin.

► Tortikolis

Tortikolis adalah leher tengeng yang biasanya dirasakan ketika bangun tidur. Gejalanya berupa leher kaku, tidak bisa menengok kesatu sisi dan nyeri seperti disetrum bila dipaksakan bergerak. Bila bicara atau batuk akan terasa sakit.

► Frozen Shoulder

Frozen shoulder atau bahau beku juga biasanya dirasakan ketika bangun tidur di pagi hari. Gejala yang dirasakan yaitu tidak sanggup menggosok gigi dan menyisir rambut karena pergelangan bahu terasa sakit bila lengan diangkat atau digerakkan. Penyakit ini akan membantasi pergerakan bahu bila tak segera diatasi.

► Carpal Tunnel Syndrom

Carpal tunnel syndrom biasanya ditandai dengan kesemutan dan nyeri pada tangan terutama bagian ibu jari, telunjuk, dan jari tengah. Gejala ini akan bertambah parah jika terkena AC pada malam hari.
 
Penyakit yang timbul akibat penggunaan kipas angin dan AC

Penyakit-penyakit ini timbul akibat paparan yang lebih lama dan lebih sering. Oleh karena itu, sebaiknya luangkan waktu untuk tidak selalu berada dalam ruuangan ber-AC dan tidak terkena hembusan angin dari kipas angin terlalu lama. Apalagi disaat tidur, jangan terbiasa tidur dengan menyalakan AC atau kipas angin. Semoga info ini bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam menjaga kesehatan tubuh. Karena sehat itu mahal lho… Keep healthy guys…


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Beberapa Penyakit yang Menghantui Pengguna Kipas Angin dan AC"

Posting Komentar