3 Amalan Ringan Ini Dapat Menjadi Penghapus Dosa Namun Seringkali Diabaikan


Manusia hidup di dunia ini tak ada yang bisa luput dari salah, khilaf dan berbuat dosa. Baik disengaja atau tidak, mulai dari dosa kecil yang remeh hingga dosa-dosa besar. Namun, meski hakikatnya manusia sudah mengetahui bahwa dirinya diciptakan dengan tabiat mudah khilaf, tapi banyak di antara kita yang sombong dan enggan mengakui kebenaran, apalagi bertaubat dan mengakui dosa-dosa yang telah diperbuat.

Subhanallah, Maha Suci Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Pemurah. Allah mengampuni segala dosa dan memaafkan kesalahan yang dilakukan oleh hamba-hamba-Nya yang mau bertaubat. Allah mengampuni dosa sebanyak apapun, kecuali dosa syirik atau menyekutukan Allah dengan selain-Nya.

Ilustrasi menghapus dosa

Rasulullah SAW yang diciptakan sebagai manusia paling suci yang terhindar dari segala dosa dan menjadi suri tauladan bagi umat muslim saja selalu beristighfar sebanyak 70 sampai 100 kali dalam sehari. Lalu, bagaimana dengan kita manusia biasa yang tak luput dari dosa?
  
Suatu hari, Nabi Muhammad SAW menjelaskan kepada para sahabatnya tentang 3 amalan yang dapat menghapus dosa dan meninggikan derajat. Berikut ini amalannya :

Menyempurnakan wudhu


Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang berwudhu lalu memperbagus wudhunya, dosa-dosanya akan keluar dari tubuhnya (yang terkena air wudhu) sampai keluar dari ujung jemarinya.” (HR. Muslim).

Selain itu kita juga harus menyempurnakan wudhu meski dalam keadaan tidak menyenangkan. Keadaan tidak menyenangkan di sini adalah keadaan dingin dimana manusia tidak menyukai air, karena bisa menambah hawa dingin dalam tubuhnya.

Perbanyak jalan menuju masjid


Bukan berarti hanya berjalan sampai masjid, lalu pulang tak melakukan apa-apa. Tapi bersegeralah mendatangi masjid setelah adzan berkumandang agar bisa sholat berjamaah di awal waktu. Setiap ayunan langkah kita menuju sholat berjamaah di masjid, terdapat ampunan atas dosa dan peninggian derajat kita oleh Allah SWT.

Menunggu sholat sesudah sholat


Amalan ketiga ini disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, yaitu “Tunggulah shalat sesudah shalat.” Kebanyakan kita seringkali bersegera meninggalkan masjid setelah salam dalam sholat. Padahal, berlama-lama di masjid setelah sholat sambil menunggu waktu sholat berikutnya adalah bagus, kita bisa mengisinya dengan doa, dzikir dan tilawah Al-Qur'an.

Itulah beberapa amalan ringan yang seringkali kita abaikan, padahal keutamaannya sangat besar untuk menghapus dosa-dosa kita yang mungkin sudah tak terhitung banyaknya. Apa yang dianggap sebagian orang ringan memang terkadang terasa berat bagi sebagian yang lainnya. Namun, jika dikerjakan dengan niat dan kesungguhan, serta hati yang ikhlas, maka hal itu akan terasa ringan dan tidak menjadikan beban bagi kita. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan dapat membawa kita untuk menjadi umat muslim seutuhnya.

Sumber : catatankecilku.net

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Amalan Ringan Ini Dapat Menjadi Penghapus Dosa Namun Seringkali Diabaikan"

Posting Komentar