Kenali Kepribadianmu Berdasarkan Urutan Lahirmu, Sulung, Tengah, atau Bungsu


Pernah nggak kita mendengar ada orang yang suka membeda-bedakan kepribadian kita dengan saudara kandung kita yang lain? Mereka seperti terheran-heran ketika ada seorang anak yang sifat dan kepribadiannya jauh berbeda dari saudaranya yang lain, padahal mereka adalah saudara kandung.

Memangnya ada yang salah? Tidak. Setiap manusia yang dilahirkan dengan jiwa yang berbeda, tentu tidak bisa sama persis. Bahkan, saudara kembar pun tidak selalu identik sama satu dengan yang lain. Karena, mereka adalah manusia yang berbeda dan tak harus sama meski memiliki hubungan sedarah.


Berdasarkan penelitian yang dilakukan duo asal Kanada, Mitchell Moffit dan Greg Brown lewat channel ilmu pengetahuan online-nya, AsapScience ada beberapa teori yang menunjukkan bahwa posisi sebagai anak dalam keluarga berpengaruh pada kepribadian yang tercipta. Tentunya, tak lepas dari bagaimana cara orangtua membesarkan dalam lingkungan keluarga. Berikut penjelasannya:

1. Anak Sulung


Menurut Moffit dan Brown, anak pertama biasanya diidentifikasi lewat prestasi pencapaian akademik yang tinggi dan sifat ambisisusnya. Mereka juga memiliki rasa tanggung jawab yang sangat kuat, dan biasanya paling dewasa dibanding saudara yang lain. Meski memiliki kasih sayang yang sama besar dengan adik-adiknya, tetapi biasanya anak pertama menjadi harapan dan tumpuan bagi orangtua mereka. Maka tak heran, anak pertama adalah tipe pekerja keras, dan pemimpin yang baik. Contoh selebriti yang lahir menjadi anak pertama adalah Beyonce, Kate Middleton, Taylor Swift, dan Oprah Winfrey.

2. Anak Tengah


Anak tengah memiliki sikap yang mudah bekerjasama, fleksibel, dan senang bergaul. Lahir sebagai anak tengah, membuat mereka menjadi lebih mudah menjalin persahabatan dengan orang lain. Menurut Moffit dan Brown, anak tengah biasanya akan mencari hubungan persahabatan di luar keluarga karena biasanya tak mendapatkan perhatian sebanyak saudara lainnya. Contoh selebriti yang lahir menjadi anak kedua adalah Kim Kardashian, Madonna, Kristen Stewart, dan Jennifer Lopez.

3.Anak Bungsu


Anak terakhir biasanya dianggap lebih percaya diri, dan kreatif dibanding saudara lainnya. Menjadi anak terakhir membuat si bungsu lebih santai dan kurang tanggung jawab dibanding saudara lainnya. Anak bungsu biasanya juga sangat memesona. Selebriti yang lahir sebagai anak bungsu adalah Jennifer Lawrence, Angelina Jolie, Johnny Depp, dan Robert Pattinson.

4. Anak Tunggal


Anak tunggal tidak selalu identik dengan manja. Nyatanya, anak tunggal bertanggung jawab dan bersikap dewasa. Mereka tidak suka memerintah dan suka dikontrol. Karena menjadi anak satu-satunya di lingkungan keluarga, akhirnya anak tunggal cenderung lebih dewasa dibanding teman seusianya. Hal ini pulalah yang akhirnya membuat anak tunggal kesulitan saat bergaul dengan rekan sesama usianya. Contoh selebriti yang lahir menjadi anak tunggal dalah Leonardo DiCaprio, Natalie Portman, Daniel Radcliffe, dan Drew Barrymore.

Itulah hasil penelitian kepribadian berdasarkan urutan kelahiran. Semua orang memiliki karakter dan kepribadian masing-masing, itulah yang membuat setiap orang unik dan berbeda. Bukankah perbedaan itu indah?

Sumber : Kompas

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenali Kepribadianmu Berdasarkan Urutan Lahirmu, Sulung, Tengah, atau Bungsu"

Posting Komentar