Perayaan Imlek Selalu Dirayakan Dengan Mewah dan Megah Tapi Tahukah Kamu Ada Beberapa Mitos Dibalik Itu Semua, Mau Tau Apa Aja? Baca Disini

Tahun baru imlek, sangat kental sekali dengan tradisi dan juga adat yang sangat aneh. Meskipun banyak sekali larangan di dalamnya masyarakat tionghoa selalu mematuhi adat serta tradisi yang telah dibuat oleh leluhurnya.



Mitos tentang larangan untuk warga tionghoa seputar tahun baru ternyata memiliki makna dan simbol tersendiri. Apa ya simbol dibalik mitos larangan tersebut? Inilah jawabannya.

1. Larangan bersih - bersih 




Sebenarnya bersih bersih baik dilakukan, akan tetapi bersih bersih pada saat tahun baru imlek merupakan larangan. larangan bersih bersih dilakukan sebagai simbol menghindari pembuangan hal baik. Sehingga orang tionghoa tidak membersihkan rumah agar hal baik tidak ikut terbuang. Jadi orang tionghoa membersihkan rumah sebelum tahun baru.

2. Larangan mencuci rambut 


Mencuci rambut juga sebuah larangan pada saat tahun baru imlek. Mencuci rambut pada saat imlek memiliki simbol kelunturan. Sehingga orang tionghoa memilih untuk mencuci rambut sebelum hari tahun baru tiba. Sehingga pada saat imlek, mereka tidak usah mencuci rambut mereka agar keberuntungannya tidak ikut luntur.

3. Larangan duduk di kamar tidur


Saat tahun baru imlek, semua orang tidak boleh ada yang duduk ataupun berlama lama di kamar tidur. Sebab, duduk di kamar tidur menyimbolkan sebuah kesialan. Daripada menanggung kesialan, banyak orang yang memilih untuk meninggalkan kamar tidur seharian. Meskipun masih bayi, ataupun sakit sekalipun orang tionghoa berada di ruang tamu.

4. Larangan menyimpan benda tajam


Menggunakan ataupun memegang benda tajam sangat dilarang saat perayaan imlek. Keberadaan benda tajam merupakan penghalang bagi keberuntungan. Karena benda tajam menyimbolkan sebuah pemisah atau pemotong kebaikan. Sehingga benda tajam tidak boleh disimpan saat perayaan imlek agar keberuntungan tidak hilang karena terpotong.

Nah, itulah beberapa mitos dan juga larangan seputar tahun baru imlek. Alangkah lebih baik jika kamu menghormati dan menghargai tradisi orang tionghoa. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perayaan Imlek Selalu Dirayakan Dengan Mewah dan Megah Tapi Tahukah Kamu Ada Beberapa Mitos Dibalik Itu Semua, Mau Tau Apa Aja? Baca Disini"

Posting Komentar