Mengapa Kebanyakan Orang Takut Dengan Hantu? Inilah 5 Alasannya

Memang secara ilmiah, sesuatu yang dikatakan hantu itu belum dapat dibuktikan. Walaupun belum ada penjelasan secara sains, namun tidak sedikit orang yang takut akan hantu.Banyak orang yang pernah berjumpa atau juga mendeteksi bahkan diganggu oleh hantu, namun tidak sedikit pula yang mengatakan hal tersebut hanyalah halusinasi dan menganggapnya hanya membual saja.


Akan tetapi, dipercaya atau tidak sampai detik ini jumlah orang yang takut hantu tidak terhitung jumlahnya. Bahkan pernah ketika seseorang bertanya kepada beberapa orang, rata-rata mereka memang takut walaupun tidak pernah melihat atau bertemu hantu secara langsung.

Berikut ini beberapa alasan umum mengapa orang takut dengan hantu.

1. Takut Mati.



Terdapat anggapan bahwa apabila seseorang melihat orang mati atau hantu maka hal tersebut adalah pertanda bahwa dia akan meninggal dunia dalam jangka waktu dekat. Bahkan di beberapa negara di dunia ada mitos bahwa ketika seseorang melihat penampakan hantu maka umurnya di dunia sudah terpangkas/berkurang.

2. Takut Tubuhnya Disalahgunakan.



Fenomena orang kesurupan memang sering terjadi bukan saja di Indonesia, tetapi juga di banyak negara lain. Ternyata ketakutan orang akan hantu juga salah satunya disebabkan akan hal ini. Seseorang takut dengan hantu karena 'something' ini dapat memasuki raganya dan melakukan sesuatu hal yang tidak dia inginkan dan sadari. Maksudnya adalah bahwa tubuhnya tidak lagi dalam kontrolnya.

3. Takut akan imajinasi wajah jelek hantu.



Walaupun belum pernah melihat ataupun bertemu dengan hantu secara langsung, tetapi ada beberapa orang yang mengatakan bahwa mereka takut hantu karena dalam imajinasi mereka wajah dan performa dari 'something' tersebut sangat menakutkan dan jelek.

4. Doktrin.



Doktrin merupakan salah satu hal kuat yang menjadikan seseorang takut hantu. Maksud doktrin dalam hal ini seperti contohnya ketika di masih kecil/anak-anak, seseorang telah sering ditakut-takuti atau ditanamkan bahwa hantu itu berwajah menyeramkan, berbahaya, jelek dan lain-lain. Bukan hanya itu, proses penanaman imej dari hantu juga semakin kuat dengan bombardirnya cerita serta film atau segala sesuatu yang berasal dari media baik cetak maupun online tentang sosok sesuatu yang disebut hantu.

5. Representasi dari segala hal yang tidak diketahui.



Secara psikologis, setiap manusia memiliki sisi ketakutan akan sesuatu yang gelap dan tak diketahui sebelumnya. Dan ditambah bombardir cerita atau pemberitaan dan film-film tentang hantu yang dilihatnya, hal ini membuat rasa takut akan sesuatu yang tidak diketahui tersebut semakin besar.

Itulan alasan kenapa orang-orang takut pada hantu padahal mereka belum pernah melihatnya. Mereka takut juga karena telah melihat film atau video tentang hantu. Kita tidak akan di ganggu oleh setan apabila kita juga tidak mengganggunya.

(Sumber: https://www.facebook.com/mediametafisika/posts/263329623834597)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Kebanyakan Orang Takut Dengan Hantu? Inilah 5 Alasannya"

Posting Komentar