5 Barang Ini Harganya Selangit di Luar Negeri, Masihkah Mengeluh Jadi Orang Indonesia?


Banyak orang Indonesia yang memimpikan untuk bisa pergi ke luar negeri, baik untuk berlibur ataupun tinggal dan menetap di sana. Mereka menganggap bahwa di luar negeri sana mereka bisa mendapatkan hidup yang lebih baik, serta kenyamanan yang tidak didapat di Indonesia. Namun, keindahan dan kenyamanan luar negeri yang dibayangkan tak seberapa jika dibandingkan dengan Indonesia. Yup, Indonesia negeri kita tercinta.

Bagaimana bisa begitu? Indonesia merupakan negara dengan biaya hidup murah. Misalnya, dengan uang Rp. 10.000 saja kita bisa makan dan minum sampai kenyang di warteg. Berbeda dengan di luar negeri, contohnya di Jepang, uang Rp. 10.000 atau setara 100 yen tak akan cukup untuk membeli makanan yang mengenyangkan.

Bahkan, beberapa barang yang dianggap sepeleh dan harganya sangat murah di Indonesia,  justur menjadi barang mahal dan banyak dicari di luar negeri. Barang apa saja itu? Berikut 5 barang yang dijual dengan harga tinggi di luar negeri yang akan membuat kita bersyukur menjadi orang Indonesia:

1. Tempe

Yup, makanan berbahan dasar kedelai ini sangat mudah sekali ditemukan di sini. Makanan ini bisa dioleh dengan berbagai macam varian, mulai dari tempe goreng, tempe bacem, oseng tempe, tempe mendoan, dan masih banyak lagi olahan tempe yang mudah kita temukan. Selain mudah ditemukan, tempe juga menjadi makanan favorit orang Indonesia karena tempe adalah makanan yang bergizi dan harganya sangat murah. Hanya dengan uang 1000 – 2000 rupiah saja, kita sudah bisa menghidangkan 1 piring tempe di atas meja makan.

Namun, siapa sangka jika di Eropa harga per potong kecil tempe adalah 1,79 Euro atau sekitar Rp. 25.000. Wow, harga yang cukup fantastis untuk sepotong tempe bukan? Hmm, ada yang mau jualan tempe di Eropa?


2. Pisang Goreng

Pisang goreng merupakan hidangan cemilan yang biasanya dinikmati dengan secangkir teh atau kopi sambil menonton TV atau mengobrol santai. Makanan ini sangat mudah dijumpai di negara kita Indonesia. Jika beli, harganya pun sangat murah, hanya 500 – 1000 per potong.

Namun, siapa sangka jika pisang goreng bisa menjadi makanan yang sangat mewah bagi yang tinggal di Belanda. Makanan ini harganya sangat mahal, bisa mencapa 5 Euro atau sekitar Rp. 62.000.  Wow, mahal sekali ya…

3. Mie Instan

Di Indonesia, mie instan dianggap makanan wajib bagi anak kost, khususnya anak kost yang uang sakunya pas-pasan. Karena harga mie instan per bungkusnya sangat murah, contohnya Indomie yang harganya kurang dari Rp. 2.500 saja. Namun di Tokyo, jangan harap menemukan harga semurah ini, pasalnya di Tokyo harga Indomie adalah 85 yen atau sekitar Rp 9.000. Wow, bisa dapat 4 bungkus kalau di Indonesia.


4. BBM

BBM merupakan kebutuhan pokok bagi pemilik kendaraan bermotor. Saat BBM naik, dengan sendirinya bahan-bahan kebutuhan pokok juga ikut naik. Oleh sebab itu, masyarakat sangat menentang pemerintah ketika ingin menaikkan harga BBM. Namun, harga BBM di Indonesia masih terbilang murah, tidak mencapai harga Rp. 10.000 per liter. Harga ini masih tergolong murah jika dibandingkan dengan harga BBM di Belanda yang per liternya Rp. 18.800 atau di Turki yang per liternya Rp. 22.000.


5. Sandal Jepit

Barang yang dianggap remeh ini ternyata mahal jika dijual di luar negeri. Harga sandal jepit biasa di Indonesia biasanya dijual dengan harga tidak lebih dari Rp. 20.000. Tapi, ada orang yang menjualnya seharga 20 USD atau sekitar Rp. 250.000 di Ebay. Wow, kok bisa semahal itu? Hal ini dikarenakan salah satu artis Korea yang memakai sandal jepit ini di bandara sepulang dari konsernya di Indonesia. Mulai dari situlah fans dari artis tersebut berbondong-bondong untuk membeli sandal jepit ini.

Bagaimana sobat, tercengang dengan harga barang-barang tersebut? Percayalah karena ini nyata. Jika tidak percaya, mungkin sobat bisa berkunjung ke luar negeri dan membuktikannya sendiri. Masih mengeluh jadi orang Indonesia? Banggalah dengan negeri ini, karena belum tentu kita akan mendapatkan kehidupan yang lebih baik jika berada di luar sana. So, berhenti mencaci maki negeri sendiri, karena itu juga akan merendahkan harga diri kita sendiri sebagai orang yang lahir di Indonesia dan mengalir darah Indonesia di tubuh kita yang diwariskan oleh kedua orangtua kita yang juga asli Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Barang Ini Harganya Selangit di Luar Negeri, Masihkah Mengeluh Jadi Orang Indonesia?"

Posting Komentar