10 Tradisi Unik Lebaran yang Hanya Ada di Indonesia



Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Setiap tahun, seusai menjalankan satu bulan penuh ibadah puasa di bulan Ramadhan, seluruh umat muslim di dunia merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan suka cita. Namun, ada berbagai tradisi unik dalam merayakan hari yang fitri ini atau yang biasa disebut lebaran ini. Uniknya, tradisi ini hanya ada di Indonesia dan tidak akan dijumpai di negara-negara lain di dunia.

1.        Mudik


Tradisi mudik atau pulang kampung sepertinya sudah menjadi tradisi wajib bagi masyarakat Indonesia. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh para perantau yang tinggal jauh dari kampung halamannya. Mudik dilakukan agar bisa berkumpul dan menikmati indahnya suasana Idul Fitri bersama keluarga tercinta, terutama bersama orang tua.

2.        Sungkeman


Pada hari Raya Idul Fitri adalah momen yang tepat digunakan untuk saling bermaafan agar kita kembali fitrah atau suci dari dosa-dosa, sehingga kita seperti seorang bayi yang baru dilahirkan, tanpa memiliki dosa. Untuk itu, setelah selesai menunaikan sholat Ied, sudah menjadi tradisi masyarakat untuk melakukan sungkem atau memohon maaf kepada orang tua, atau kerabat yang dituakan.

3.        Halal Bihalal


Tradisi ini juga menjadi tradisi wajib yang selalu dilakukan setelah selesai sholat Ied. Halal bihalal adalah tradisi saling mengunjungi rumah kerabat ataupun tetangga dekat yang berada di sekitar tempat tinggal. Tak hanya sekedar berkunjung, tapi juga saling berjabat tangan dan bermaafan atas segala salah dan khilaf yang pernah dilakukan.

4.        Takbir Keliling


Malam menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri, seantero jagat berkumandang suara takbir. Tak hanya berasal dari speaker masjid atau mushola saja. Tapi, di Indonesia ada tradisi unik tersendiri, yakni takbir keliling kampung hingga keliling kota. Sambil mengucapkan kalimat takbir, mereka juga menabuh bedug dan alat seadanya hingga membuat suasana malam Idul Fitri menjadi semakin ramai dan meriah. Tak jarang pula takbir keliling ini dilakukan sambil membawa obor yang semakin memeriahkan suasana.

5.        Ketupat dan Opor Ayam


Selanjutnya yang menjadi tradisi saat lebaran adalah makanan khasnya, yaitu ketupat lengkap dengan hidangan opor ayam atau sayur bersantan lainnya. Hidangan ini pun hanya ada saat lebaran dan hanya ada di Indonesia.

6.        Bikin Kue


Saat lebaran, pasti akan banyak tamu yang berkunjung ke rumah, mulai dari saudara, teman, maupun tetangga. Oleh sebab itu, sang pemilik rumah harus menyediakan suguhan untuk para tamunya dengan beraneka macam kue khas lebaran. Kue-kue yang disuguhkan di atas meja biasanya dibuat sendiri ataupun membelinya. Sehingga sebelum datangnya lebaran, banyak ibu-ibu rumah tangga yang disibukkan dengan kegiatan membuat kue lebaran.

7.        Baju Baru


Hanya ada di Indonesia, setiap lebaran sepertinya sudah menjadi tradisi untuk mengenakan pakaian baru. Mulai dari anak-anak hingga orang tua tak ingin ketinggalan untuk tampil terbaik pada saat sholat Ied maupun saat melakukan kegiatan halal bihalal.

8.        Petasan


Tak ketinggalan pula, untuk meramaikan suasana Idul Fitri, petasan ataupun kembang api juga ikut menyemarakkan suasana malam Idul Fitri. Meski sebenarnya kegiatan ini tidak terlalu baik karena dianggap mubadzir, namun sepertinya ini sudah menjadi tradisi yang menyenangkan sekaligus menghibur masyarakat.

9.        Ziarah Makam dan Rekreasi


Salah satu tradisi masyarakat Indonesia saat hari Raya Idul Fitri adalah berziarah ke makam kerabat yang telah meninggal untuk mendoakan arwah mereka di alam kubur. Setelah itu, untuk menghabiskan liburan panjang, mereka juga akan melakukan rekreasi ke tempat-tempat wisata bersama dengan keluarga.

10.    Bagi-bagi Angpao



Tradisi unik yang terakhir adalah bagi-bagi angpao kepada sanak saudara yang lebih muda. Hal ini yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak. Karena pada saat mereka berkunjung ke rumah saudara ataupun tetangga, mereka akan diberi angpao atau uang yang nantinya bisa mereka gunakan untuk membeli apapun yang mereka inginkan tanpa harus meminta kepada orang tua ataupun ingin ditabung.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tradisi Unik Lebaran yang Hanya Ada di Indonesia"

Posting Komentar