Subhanallah… Rainbow Mount, Gunung Pelangi yang Diceritakan dalam Al Quran

Rainbow Mountain atau Gunung Pelangi yang terletak di Kota Zhangye, Provinsi Gansu, China ini tampaknya menjadi salah satu tujuan wisata paling populer wisatawan mancanegara untuk saat ini. Semula gunung pelangi tersebut dikira hanya hoax belaka. Namun, setelah adanya berbagai tulisan dan video amatir, maka fenomena itu semakin terungkap dan menambah fakta baru jika gunung pelangi tersebut benar-benar ada.

Rainbow Mount, Gunung Pelangi yang Diceritakan dalam Al Quran

The Zhangye Danxia Geological Park Nasional,  ini mencakup area seluas 510 kilometer persegi (200 sq mi). Sebelumnya taman provinsi dan daerah pemandangan, itu menjadi geopark nasional pada November 2011.

Gunung pelangi ini dinilai sangat menakjubkan karena bukit dan lembahnya terdiri dari berbagai lapisan warna, seperti merah, biru, hijau zamrud, coklat, dan kuning. Menariknya, di tempat tersebut tak ditemukan tumbuhan atau hewan apapun karena kondisi tanahnya yang tandus.

Rainbow Mount, Gunung Pelangi yang Diceritakan dalam Al Quran

Adanya warna-warni menakjubkan perbukitan tersebut berasal dari batuan pasir merah dan mineral yang terbentuk sejak periode Kapur, tepatnya 24 juta tahun lalu.

Formasi batuan tersebut kemudian mengalami pergeseran lempeng tektonik yang juga membentuk pegunungan Himalaya. Hujan dan angin yang menerpa daerah itu selama jutaan tahun juga ikut berperan dalam membentuk ceruk, lembah, dan pola warna Zhangye Danxia. Konon gunung ini akan menampilkan pola warna yang berbeda-beda, tergantung kondisi cuaca.

Rainbow Mount, Gunung Pelangi yang Diceritakan dalam Al Quran

Keunikan gunung tersebut membuat daerah itu dengan cepat menjadi objek wisata yang populer. Sejumlah trotoar dan jalan telah dibangun guna mendorong pengunjung menjelajahi formasi batuan yang menakjubkan, utamanya setelah  UNESCO telah menetapkannya  dalam Daftar Warisan Dunia pada pertemuan ke-34 yang diadakan di Brasilia, ibu kota Brasil, pada tanggal 1 Agustus 2010.

Rainbow Mount, Gunung Pelangi yang Diceritakan dalam Al Quran

Kini tempat ini menjadi salah satu objek wisata paling dicari di China. Hal ini menjadikan berkah bagi penduduk setempat. Mereka bisa menghasilkan pendapatan yang cukup tinggi dari banyaknya para wisatawan yang berkunjung.

Rainbow Mount, Gunung Pelangi yang Diceritakan dalam Al Quran

The Zhangye Danxia landform juga dikenal sebagai eye candy dari Zhangye. Banyak seniman mengagumi karya ini laksana lukisan sempurna di atas kanvas.

Lebih menarik lagi, setelah dikait-kaitkan dengan ayat Al Quran, tepatnya dalam surat Al Fathir (35) ayat 27 bahwa Allah SWT telah lama mengungkap sebuah rahasia mengenai adanya gunung seperti pelangi yang berwarna-warni.

“Tidakkah kamu melihat bahwasanya Allah menurunkan hujan dari langit lalu Kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat.” [QS: Al Fathir [35]: 27]

Al-Quran telah menjelaskan fenomena alam tersebut 14 abad yang lalu, bahkan sebelum para Sahabat Rasulullah datang dan berdakwah ke China.

Hal ini menunjukkan bahwa al-Qur’an adalah salah satu bukti terpenting yang memungkinkan kita mengetahui keberadaan Allah SWT serta tanda-tanda kebesaran-Nya.

“Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segenap penjuru dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al-Qur’an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu?” (QS. Fushshilaat  [41]: 53).

Bagi yang penasaran dan masih belum percaya adanya gunung pelangi tersebut, berikut bisa dilihat bukti-buktinya melalui sebuah tayangan video.


Semoga informasi yang ada dalam Al-Quran dan disertai dengan adanya bukti-bukti nyata semakin menambah keyakinan kita  akan kebenaran Al-Quran.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Subhanallah… Rainbow Mount, Gunung Pelangi yang Diceritakan dalam Al Quran"

Posting Komentar