4 Perlombaan Agustusan Paling Populer dan Filosofinya



Wah, seneng banget nih kalau udah masuk bulan Agustus. Yup, di bulan ini adalah bulan di mana rakyat Indonesia mendapatkan haknya sebagai negara yang merdeka setalah dijajah selama 3,5 abad oleh Belanda dan 3,5 tahun oleh Jepang.

Bangsa Indonesia selalu punya cara unik dan menarik untuk merayakan hari kemerdekaan. Tak hanya upacara wajib pada 17 Agustus sebagai peringatan hari proklamasi, tetapi juga berbagai macam perlombaan diadakan untuk memeriahkan peringatan hari Kemerdekaan. Dari balap karung, makan krupuk, panjat pinang, tarik tambang, dan masih banyak lagi perlombaan lainnya.

Tapi, sobat tahu nggak kalau perlombaan yang sering diadakan sekarang ini sudah ada sejak jaman kemerdekaan dulu dan bahkan ada filosofi dibalik setiap perlombaannya. Hmm mau tau? Berikut ini 4 perlombaan Agustusan paling populer dan filosofinya :

1.    Balap Karung

Lomba balap karung

Waktu jaman penjajahan dulu, saking miskinnya rakyat Indonesia hingga tidak bisa membeli pakaian, sehingga mereka terpaksa memakai karung sebagai gantinya. Nah, mungkin karena orang jaman dulu pengen orang jaman sekarang tau gimana nggak enaknya pakai karung, maka diciptakan lah lomba balap karung ini.

2.    Lomba Makan kerupuk

Lomba makan kerupuk

Pernah terpikir nggak, dari sekian banyak makanan, kenapa kerupuk yang dipilih dan dijadikan sebagai perlombaan? Tapi, kalau dipikir-pikir, kerupuk adalah makanan yang Indonesia banget. Baik di warung ataupun di rumah, makanan yang satu ini selalu dijadikan teman makan. Filosofinya sih agar kamu sadar kalau kerupuk itu enak banget, renyah pula..kreess..kreess…

3.    Panjat Pinang

Panjat pinang

Perlombaan yang satu ini bisa dibilang cukup unik. Pohon pinang dilumuri dengan oli dan bahan-bahan pelicin lainnya dan di atasnya digantung berbagai macam hadiah yang harus diambil oleh para peserta. Untuk bisa sampai di atas dan mengambil hadiah, dibutuhkan kerjasama antar para peserta lomba. Sangat sulit dan seringkali udah sampai di atas, melorot lagi ke bawah, saking licinnya si pohon pinang.
Filosofinya adalah hidup memang tak segampang manjat pinang, terutama jika kamu jadi orang yang berada paling bawah.

4.    Tarik Tambang

Tarik tambang

Permainan ini membutuhkan kerjasama antar tim. Sebuah tali tambang ditarik oleh dua orang tim yang saling berebut. Siapa yang dapat menjatuhkan lawan dan menarik talinya, maka mereka yang akan menang. Filosofi dari perlombaan ini adalah bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Hmm kira-kira seperti itulah.

Itulah analisa-analisa tentang filosofi 4 perlombaah Agustusan paling populer di Indonesia. Semoga dengan adanya perlombaan-perlombaan tersebut, semakin meningkatkan semangat juang kita untuk selalu bersatu teguh dalam usaha memajukan negara kita tercinta Indonesia. Dirgahayu ke-70 Indonesiaku. MERDEKA! MERDEKA!


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "4 Perlombaan Agustusan Paling Populer dan Filosofinya"