Kisah Hikmah : Wanita Miskin yang Senang Bersedekah



Tak perlu menunggu jadi kaya untuk bisa memberi dan bersedekah pada orang yang kurang mampu. Karena banyak jalan untuk menyalurkan rezeki kepada siapapun yang berhak menerimanya. rezeki itu pun tak hanya berupa uang, tapi juga bisa berupa hal lain. Misalnya makanan, air minum, pakaian, bahkan benda-benda bermanfaat yang lainnya.
 
Ilustrasi pemberian sedekah kepada orang yang kurang mampu

Menjadi dermawan dan senang bersedekah bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Sedikit apapun sedekah yang kita berikan, jika kita lakukan dengan ikhlas maka Allah SWT pasti akan membalasnya dengan imbalan berkali-kali lipat dari apa yang kita keluarkan.

Seperti kisah seorang wanita sholehah ini. Beliau adalah istri dari Zubair bin Awwam, dialah Asma', putri dari Abu Bakar as-Shiddiq. Asma' bukanlah orang kaya, bukan juga istri dari suami yang kaya, tapi ia sangat dermawan dan rajin bersedekah.

Setiap harinya, ia tak pernah menahan hartanya. Walaupun yang ia dapat dari sang suami pas-pasan, ia tetap bersedekah. Jika memiliki suatu rezeki, tak pernah ia menahan rezeki tersebut hingga esok hari.

Kedermawanan Asma' sudah tidak diragukan lagi. Bahkan anaknya berkata, "Jika memiliki sesuatu, ibu tidak pernah menyimpannya sampai esok."

Suatu hari, Asma' mendatangi Nabi Muhammad SAW dan menceritakan masalah ekonominya, "Apakah aku harus tetap bersedekah, ya Rasulullah?."

Kemudian Nabi Muhammad SAW menjawab, "Bersedekahlah, dan jangan menyimpannya. Sehingga Allah SWT akan menyimpan (pemberian-Nya) kepadamu."

Amalan sedekah ini memang mudah dilakukan bagi orang-orang yang yakin bahwa Allah SWT pasti akan mencukupkan kebutuhannya sehari-hari. Jangan khawatir menjadi miskin ketika kamu bersedekah, malah kamu akan menjadi kaya dan lebih kaya karena bersedekah.

Sesungguhnya karunia dan nikmat Allah SWT amatlah banyak.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisah Hikmah : Wanita Miskin yang Senang Bersedekah"

Posting Komentar