Stop Mengoleskan Odol pada luka,Berikut Adalah Bahaya Jika Kamu Mengoleskan Odol Pada Luka


Sering terjadi kesalaha yang disebabkan karena odol. Ya, hal yang biasa terjadi di kalangan masyarakat adalah memberik odel pada luka. Misal jika kita terkena tumpahan air panas atau terkena knalpot, pasti hal yang kita lakukan pertama adalah mengoleskan odol pada luka kita. Hal yang dilakukan seperti itu sebenarnya salah. Berikut adalah penjelasannya:

Memang, efek dengan memberikan odol akan mendinginkan, tapi tahukah kamu sebenarnya hal tersebut adalah cara yang salah dan akan memperparah luka. Karena apa? Karena odol hanya memberikan efek dingin sementara, di waktu yang bersamaan juga memperparah luka.


Ingat, odol adalah cairan berbentuk gel yang dibuat dari bahan-bahan kimia dan beberapa di antaranya bahkan mengandung deterjen. Bayangkan jika bahan-bahan tersebut terkena luka yang masih terbuka, jaringan kulit didalamnya akan bertambah rusak serta mengalami iritasi. Kalau sudah begini, biasanya efek yang terlihat adalah bekas luka yang menghitam. Bekas luka seperti ini akan lebih susah hilang walaupun masih tergolong baru.


Cara tepat untuk menangani luka bakar ringan adalah mengalirkan air dingin atau air es, bersihkan dari debu, dan berikan obat merah, lalu plester luka tersebut agar tidak terkena udara secara langsung. Dengan begini, luka bakar tidak menjadi semakin parah dan bekasnya bisa ditekan seminimalis mungkin.
Setelah kering, oleskan salep yang bisa menghilangkan bekas luka. Kamu bisa mendapatkannya di apotek terdekat.

sumber : cerminan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Stop Mengoleskan Odol pada luka,Berikut Adalah Bahaya Jika Kamu Mengoleskan Odol Pada Luka"

Posting Komentar