Nasehat Imam Al Hasan Basri Tentang Hakikat Kehidupan yang Perlu Kita Renungkan


سْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْــــــم

Imam Al Hasan Basri adalah ulama dan cendekiawan muslim yang hidup pada masa awal kekhalifahan Umayyah.

Hasan adalah pendukung kuat nilai tradisional dan cara hidup zuhud, kehidupan dunia hanyalah perjalanan untuk ke akhirat, dan kesenangan dinafikan untuk mengendalikan nafsu. Tetapi beliau bukanlah seorang sufi. Khutbah-khutbah beliau dianggap sebagai contoh terbaik dan terawal sastra Arab.


Berikut inilah nasehat imam Al Hasan Basri yang perlu kita renungkan bersama :

1. Aku tahu rizqiku tidak akan diambil orang lain, karena itu hatiku selalu tenang.

2. Aku tahu amalku tidak akan dikerjakan orang lain, karena itulah aku sibuk beramal shaleh.

3. Aku tahu ALLAH Ta'ala selalu memerhatikanku, karena itulah aku malu jika ALLAH melihatku sedang dalam maksiat.

4. Dan aku tahu kematian itu sudah menungguku, karena itulah aku selalu menambah bekal untuk hari pertemuanku dengan ALLAH........

Sahabat-sahabatkuku...

Jangan tertipu dengan usia MUDA karena syarat Mati TIDAK harus TUA.

Jangan terpedaya dengan tubuh yang SEHAT
karena syarat Mati TIDAK mesti SAKIT

Jangan terperdaya dengan Harta Kekayaaan sebab Si kaya pun tidak pernah menyiapkan kain kafan buat dirinya meski cuma selembar.

Mari Terus berbuat BAIK, berniat untuk BAIK, berkata yang BAIK-BAIK, Memberi nasihat yang BAIK. Meskipun TIDAK banyak orang yang mengenalimu dan Tidak suka dengan Nasihatmu

Cukup lah اللهِ yang mengenalimu lebih daripada orang lain.

Jadilah bagai JANTUNG yang tidak terlihat, tetapi terus berdenyut setiap saat hingga kita
terus dapat hidup, berkarya dan menebar manfaat bagi sekeliling kita sampai diberhentikan
oleh-NYA

Sahabat-sahabatku...

"Waktu yang kusesali adalah jika pagi hingga matahari terbenam, amalku tidak bertambah
sedikit pun, padahal aku tahu saat ini
umurku berkurang"

(Ibnu Mas'ud Radhiyallahu'anhu)

Itulah beberapa nasehat dari Imam Al Hasan Basri tentang hakikat kehidupan manusia di dunia ini. Hidup di dunia ini hanyalah sementara, bahkan ada yang mengatakan jika hidup di dunia ini hanya sekedar mampir minum. Semoga kita bisa merenungkan isi nasehat dari Imam Al Hasan Basri tersebut dan menjadi pegangan dalam hidup kita yang hanya merupakan perjalanan menuju kehidupan yang hakiki, yakni di akherat kelak.

Selamat Aktifitas Ibadah. Semoga Berkah dan Barokah Dunia Akhirat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nasehat Imam Al Hasan Basri Tentang Hakikat Kehidupan yang Perlu Kita Renungkan"

Posting Komentar