8 Cara menurunkan Berat Badan tanpa DIET




Semua orang ingin tubuhnya ideal, apa lagi wanita. Wanita pasti selalu memperhatikan setiap bagian tubuhnya, apapun itu. Paha dan betis kecil, lengan yang nggak bikin malu saat pakai tank top, perut yang nggak bergelambir saat pakai baju ketat atau saat duduk. Umumnya semua wanita mendambakan tubuh yang seperti itu. Namun tidak semua wanita mau dan berniat untuk diet. Yap, karena diet itu menyiksa? Nggak bebas? Susah?
Tenang, Girls. Beberapa tips ini mudah dan nggak perlu susah-susah diet. Kamu bisa menurunkan berat badan tanpa merasa sedang berdiet, gampang banget. Baca tips berikut ini, yuk!


1. Suka Makanan Instan? Pilih Sereal Bergizi saja!

Jaman sekarang membeli makanan di pinggir jalan atau di restoran sulit mendapatkan makanan yang sehat dengan gizi yang baik. Makanan yang sehat biasanya harus dimasak sendiri, karena tahu bahan-bahan sehat yang dipakai. Tetapi beberapa orang juga males untuk memasak karena ribet dan nggak praktis. Akirnya makanan instan menjadi pilihannya. Banyak yang bilang makanan instan itu buruk bagi kesehatan, apalagi untuk menurunkan berat badan. Tetapi makan makanan instan sebenarnya tidak harus dikurangi sama sekali, melaikan harus dibatasi. Dalam seminggu makan makanan instan maksimal 2 kali saja.
Makanan instan yang cukup sehat yaitu sereal. Umumnya sereal dimakan pada saat sarapan sebelum memulai aktifitas. Selain murah dan dapat ditemukan di toko terdekat, sereal kaya energi, protein, dan salah satu makanan rendah lemak. Sereal membuat kamu kenyang lebih lama tetapi tidak banyak kalori berlebih masuk. Manfaat sereal juga dapat mengontol kadar gula dalam tubuh. Serat yang ada pada sereal mengurangi kecepatan sekresi glukosa dari makanan yang kita makan.

2. Menggerakkan badan di sela-sela aktifitasmu

Aktifitas yang padat kadang membuat kamu lupa akan pentingnya olehraga. Olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan membuat tubuh lebih ideal. Beberapa orang tidak mempunyai cukup waktu untuk berolahraga karena aktifitas yang padat setiap harinya. Hal ini dapat disiasati dengan cara melakukan aktifitas tubuh yang dapat membakar kalori.
Misalnya, sempatkan untuk mengerjakan pekerjaan rumah sendiri, seperti menyapu kamarmu pagi dan sore hari, mencuci piring, dan mencuci pakaian dengan tangan. Lalu jika ada barang yang telaknya jauh dari tempatmu sekarang, coba mengambil sendiri dengan berjalan kaki, seperti mengambil minum di dapur, mengambil alat tulis di ruang keluarga. Kemudian jika tempat bekerja atau kuliah kamu berupa gedung bertingkat, usahakan naik tangga saja. Naik tangga dapat membakar lemak dan kalori pada tubuh, sehingga tubuh tidak mudah lelah.

3. Makan di restoran atau warung? Boleh dong! Asal pesan sayuran juga

Makan di warung atau restoran pasti semua orang suka. Selain praktis dan enak, menu yang ditawarkan juga beragam sehingga kita bisa memilih sendiri ingin makan apa. Apa lagi untuk kamu yang nggak bisa masak dan jauh dengan orang tua, pasti pilihannya adalah membeli makanan di warung atau restoran saja. Sebenarnya boleh-boleh saja kita membeli makan di luar, tetapi tidak seluruh makanan bisa kita pesan ya. Lapar sih iya, tetapi harus ingat, tidak semua makanan bisa di masukkan saja semuanya dalam tubuh.

Tubuh sangat membutuhkan asupan makanan yang kaya serat, misalnya sayuran. Selain harganya lebih murah dibandingkan dengan daging ayam atau pun sapi, sayur juga sangat bermanfaat untuk pencernaan. Pencernaan yang bagus dapat membuat tubuh melakukan metabolisme yang baik, sehingga badan bisa ideal. Di warung atau restoran, banyak kok yang jual aneka sayuran. Jika kamu adalah orang yang tidak suka sayur, pilihlah sayuran yang tidak terasa jika dimakan bersama dengan makanan lain. Misalnya kita ingin makan ayam goreng, timun dan gubis sebagai pelengkap ayam goreng tersebut makanlah juga. Lalu jenis sayuran berkuah seperti sop buntut atau sayur asam, terasa enak di lidah walaupun kalian yang nggak suka sayur, karena sayurnya tidak berasa pahit dan terasa segar. Jangan lupa kurangi porsi nasi atau daging di piringmu, ganti dengan ambil sayur-sayuran yang ada. Dipaksa dikit ya bagi yang nggak suka makan sayur, ingat tubuhmu benar-benar butuh itu!

4. Haus? Air Putih saja

Hawa di Indonesia memang sering banget panas, apalagi saat siang hari. Paling enak pas siang hari adalah minum minuman dingin yang menyegarkan. Kadang di rumah lagi nggak ada minuman yang pas, tapi malas untuk keluar rumah beli minum. Yah ngapain harus keluar rumah? Minum aja air putih yang ada di rumah. Selain bisa meredakan panas dan haus, air putih sangat banyak manfaatnya untuk tubuh.
Air putih dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Bayangkan saja, 60% tubuh manusia terdiri dari air. Minum banyak air putih dapat membantu transportasi nutrisi dalam tubuh, mencerna makanan. Air putih juga dapat membantu kamu merasa kenyang, sehingga sedikit konsumsi makanan yang berdampak pada turunnya berat badan. Air putih juga dapat meningkatkan fokus kamu, sehingga kamu dapat produktif melakukan hal yang bermanfaat tanpa memikirkan lapar.


5. Gerakkan Tubuhmu Saat Kamu Menonton Tv atau Film di Rumah

Menonton tv atau film di rumah sangat menyenangkan jika dilakukan dengan tiduran atau bermalas-malasan. Apa lagi jika tiduran dan makan camilan. Udah kayak raja belom? Eits, kamu pengen menurunkan berat badan kan? Bayangin aja kalau berat badan kamu makin nambah 5 kg setelah menonton tv sambil makan camilan. Nggak mau kan? Sah-sah aja kalau mau menonton tv, tapi di sela-sela menonton, kalian bisa menggerakkan tubuh kamu dengan olahraga santai, seperti sit up, melemaskan otot-otot tangan dan kaki, dan beberapa gerakan senam sederhana lainnya. Selain kamu nggak hanya bengong, tubuhmu juga akan membakar kalori yang ada.

6. Ngemil Yuk!


Halooo kalian yang suka ngemil tapi pengen berat badan turun… Ngemil memang salah satu hal terindah di dunia, karena ngemil bisa dilakukan kapan aja. Baca buku sambil ngemil, ngerjakan tugas sambil ngemil, main game sambil ngemil, liat tv atau dvd juga sambil ngemil. Tanpa disadari ngemil sembarangan dapat membuat lemakmu dimana-mana. Tipsnya adalah tetap ngemil tapi ngemil yang sehat. Misalnya camilan yang kamu makan biasanya ganti dengan cokelat. Suka kan? Tapi dark coklat yaa. Dark coklat bermanfaat untuk… kemudian camilan sehat lainnya adalah buah. Buah juga ada yang nggak mahal kok. Contohnya buah naga, mangga yang bisa kamu dapet di pohon-pohon sekitar rumah, jeruk, dan masih banyak lagi. contoh lainnya adalah kacang almond dan yogurt.


7. Kunyah Makanan Perlahan

Makan tidak hanya mengunyah lalu menelannya saja. Cara mengunyah makanan yang baik dapat berpengaruh pada pencernaan. Apapun makanan yang kamu makan, coba mengunyah makanan tersebut perlahan-lahan. Mengunyah makanan perlahan membuat sistem penceranaan berfungsi baik, serta dapat membuat menurunkan berat badan. Ketika kamu mengunyah makanan secara sembarangan, maka serat yang terkandung pada makanan tidak dapat terolah dengan baik, yang ada makanan hanya akan menjadi lemak di tubuh. Mengunyah makanan perlahan membuat kamu mudah kenyang, sehingga nafsu makan dapat di kontrol dengan baik. Lemak yang ada di dalam tubuh juga dapat menurun.

8. Tidur yang Cukup

Mungkin ini cara yang paling mudah diantara semuanya, yaitu tidur. Dimanapun bisa tidur kan? Manusia butuh tidur sekitar 8 jam sehari. Pastikan kamu memenuhi tidurmu selama 8 jam, karena pada saat tidur, tubuh melakukan metabolisme yang lancar, sari makanan yang telah kamu makan seharian juga dapat di cerna dengan baik pada saat tidur. Banyak diantara kamu yang sering begadang sampai pagi karena mengerjakan tugas, padahal pengen banget kurus. Bukan hanya tentang makanan dan olahraga saja lho menurunkan berat badan itu, tetapi tidur adalah hal yang penting. Tapi ingat ya, jangan berlebihan. Jika setelah makan tidur, siang juga tidur, nanti yang ada lemak semakin menjadi. Tidur yang baik adalah pada saat malam hari, sehingga tubuh dapat kembali segar keesokan harinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Cara menurunkan Berat Badan tanpa DIET"

Posting Komentar