Inilah Trik Ampuh Agar Dapat Terhindar dari Su'udzon (Negative Thinking)




Apabila buruk sangka menjangkiti diri seseorang, dalam hidup tidak ada lagi kedamaian. Pasti dia akan selalu gelisah. Hati akan sibuk mencari kelemahan dan kesalahan orang lain, sehingga dia tidak punya waktu untuk mengoreksi  intropeksi diri sendiri. Ada banyak hal yang dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit buruk sangka. 

Pertama, buruk sangka pasti terjadi karena godaan dan tipuan setan. Buruk sangka adalah jalan terbaik setan dalam menghasut manusia untuk mengumpat, mengeluarkan perkataan jelek, dan memecah belah. 

Kedua, jiwa yang lemah akan membuat hati mudah terpengaruh pikiran negatif 

Ketiga, Sombong. Dalam hal ini perlu di garis bawahi bahwa penyakit ini menyebabkan seseorang merasa dirinya lebih baik dari orang lain. Dia pasti akan tidak suka / benci ketika orang lain menikmati kesuksesan. 

Keempat, Keburukan Batin. Dia merasa orang lain berfikirian buruk tentangnya, sehingga dia tidak merasa bersalah ketika harus membeberkan keburukan orang lain. 

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar kita bisa sembuh dari penyakit su'udzon ini. 

Jangan mencari kekurangan orang lain.

    Jika hati sudah mulai menganggap buruk perilaku seseorang, dekati dia. Ajak diskusi dan beritahu secara baik baik kalau memang dia melakyan perbuatan yang salah. Atau kalau hal itu tidak memungkinkan, setiap datang penyakit ini, lekas lah beristighfar dan do'akanlah orang tersebut. 


    Bermuhasabahlah setiap hari.

    Muhasabah artinya intropeksi atau mewas diri. Jadikanlah diri kita sebagai orang yang mampu menguasi was was, bukan orang yang dikuasai was was. 


    Perbaiki diri

      Bersihkanlah diri kira dari sifat buruk. Terus tekankan di dalam diri kita bahwa perbatan buruk sangka akan memakan kebaikan kita dan mengundang sifat sifat buruk lainnya. 

      Sumber : Bacaan Hikmah Keluarga

      Subscribe to receive free email updates:

      0 Response to "Inilah Trik Ampuh Agar Dapat Terhindar dari Su'udzon (Negative Thinking)"

      Posting Komentar