Menghilangkan Pedas dengan Cara Minum Air Putih Ternyata Salah Lho, Ini Solusi yang Tepat

Apa yang kamu lakukan saat merasa kepedasan? Hmm pasti langsung mencari air putih untuk diminum kan? Hal ini sudah menjadi kebiasaan dan sangat lumrah di masyarakat. Tapi, kenapa bisa begitu?


Itu karena otak kita telah terdikte bahwa obat dari rasa pedas di mulut adalah air putih. Wajar saja, secara refleks saat merasa kepedasan, tangan kita langsung saja meraih gelas berisi air putih dan langsung menenggakanya untuk menghilangkan rasa pedas di mulut. Tapi kenyataannya, rasa pedas itu masih terasa, bahkan ketika kamu sudah menghabiskan 1 hingga 2 gelas air putih. So, percuma saja kan minum air sampai kembung, tapi rasa pedasnya tak kunjung hilang?


Secara ilmiah, air memang tidak bisa menghilangkan rasa pedas di mulut. Penjelasan seperti ini diungkapkan oleh profesi kimia dari Cincinnati University, Ohio, Amerika Serikat, Christopher Gulgas. Sang ahli menjelaskan bahwa kandungan capsaicin pada cabai tidak bisa dihilangkan dengan air, sebagaimana dikutip dari Men's Health.

Jadi, bagaimana solusinya? Untuk menghilangkan rasa pedas di mulut, kamu cukup mengunyah es batu. Solusi ini diberikan oleh Gulgas untuk menggantikan air putih. Efek dinginnya ternyata bisa menghilangkan efek dari capsaicin itu sendiri untuk mengusir rasa pedas.


Memang solusi ini sulit dilakukan bagi kamu yang memiliki gigi sensitif, karena akan membuat gigimu terasa ngilu saat mengunyah es batu. Tapi tenang, ada alternatif lain bagi kamu yang memiliki gigi sensitive. Kamu bisa menghilangkan rasa pedas di mulut dengan mengunyah sepotong roti tawar. Karena makanan ini bisa menyerap molekul capsaicin di lidah.


Selain roti, kamu juga bisa menghilangkan kepedasan dengan minum segelas susu. Kandungan protein dalam susu ternyata mampu mengikat capsaicin.


Nah, itulah beberapa solusi yang bisa kamu lakukan saat merasa kepedasan. Dijamin dengan 3 alternatif itu, rasa pedas di mulut akan segera hilang, dan kamu pun bisa kembali menyantap makanan dengan nikmat. Semoga bermanfaat ya… ^_^

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menghilangkan Pedas dengan Cara Minum Air Putih Ternyata Salah Lho, Ini Solusi yang Tepat"

Posting Komentar